Beranda > Tulisan Orang > Hizbullah: Dari Pembebasan al-Quds hingga al-Manar

Hizbullah: Dari Pembebasan al-Quds hingga al-Manar

Hizbullah: Dari Pembebasan al-Quds hingga al-Manar

Oleh: Muhammad Shadeq Afrosyob

Saat ini, Hizbullah Lebanon tidak dikenal berkat perlawanan militernya terhadap Israel. Program-program budaya-informasi juga telah dikenal luas oleh masyarakat dunia. Pendeknya, pada hakikatnya yang membedakan Hizbullah dengan seluruh kelompok-kelompok yang mengatasnamakan Islam atau Arab adalah kekuatan informasinya yang bertumpu pada teknologi

Cyber diplomasi
Semenjak tahun 1992, berbarengan dengan dipegangnya tampuk sekjen Hizbullah oleh Sayyid Hasan Nasrullah hingga sekarang, aktivitas pergerakan dan perlawanan Hizbullah disertai dengan informasi aktif. Hizbullah mempergunakan cyber diplomasi dan teknologi informasi berhasil mengangkat pengaruhnya di dunia. Hal yang lumrah dilakukan oleh pusat-pusat studi strategis politik, militer bahkan oleh kelompok-kelompok keagamaan. Strategi skematis digital memberikan kebebasan tanpa batas-batas teritorial kepada pemakai teknologi ini, dan dengan tepat Hizbullah membidik potensi yang ada ini. Bahkan kekuatan media Hizbullah dapat dikatakan setara dengan Iran dalam menyuplai berita kontra Amerika dan Israel di kawasan Timur Tengah.

Dari Sahar hingga al-Manar
Masih jelas dalam ingatan pada tahun 2004, siaran tv satelit Sahar milik Iran diadukan ke pengadilan oleh salah satu kelompok Prancis. Hasil pengaduan ini berujung pada dihentikannya penayangan Sahar di Eropa. Pengaduan ini kembali pada lobi Yahudi di pemerintah Prancis. Mereka meminta kepada Prancis untuk menghentikan penayangan tv Sahar di seluruh Eropa karena muatannya yang berisi tentang kejahatan zionis.

Kondisi yang sama juga dialami oleh tv al-Alam milik Iran yang ditayangkan di kawasan Timur Tengah untuk warga Arab senantiasa menjadi duri dalam daging bagi pemimpin-pemimpin Barat. Ujung-ujungnya, karena siaran al-Alam, lagi-lagi alasannya, memiliki muatan permusuhan dengan zionis. Sebagai contoh; penolakan keras pelarangan hijab di Eropa oleh jaringan media Iran, menayangkan tindakan brutal zionis di Palestina adalah yang paling membuat mereka tidak bisa tidur nyenyak. Puluhan bahkan ratusan demonstrasi di Eropa dan Amerika merupakan salah satu dampak tayangan ini.

Jaringan tv al-Manar milik Hizbullah www.almanar.com.lb merupakan jaringan media yang paling dibenci oleh media Barat. Pertama, dikarenakan permusuhannya dengan zionis dan menyingkap kebusukan dan rencana-rencana Amerika dan Israel di Timur Tengah dan kedua, karena disiarkan dalam berbagai bahasa. Hal itu juga yang membuat tv al-Manar dibatasi di Asia dan hanya bisa dikases di Arab saja.

Al-Manar dengan siaran 24 jam, senantiasa menyiarkan perlawanan Hizbullah dan Palestina terhadap Israel. Al-Manar memulai siarannya dengan lagu yang mengisyaratkan intifadhah dan perjuangan melawan zionis internasional dan Amerika.

Siaran radio al-Nour www.al-nour.net yang merupakan jaringan media Hizbullah memiliki peran yang sangat penting dalam memperkenalkan jaringan digital Hizbullah. www.ghaliboun.net , www.somod.org adalah alamat resmi struktur media Hizbullah di dunia digital. Situs ini dalam sehari bahkan beberapa kali mengalami up date. www.moqawama.net merupakan portal paling dikenal milik Hizbullah yang memiliki banyak pengunjung. Kemampuan situs-situs di atas, pada zaman perang Hizbullah dan zionis secara sempurna mampu menjalankan misinya dan tidak mendapat gangguan yang berarti. Dan itu berarti, pengunjung situs-situs Hizbullah dapat menjalin hubungan tanpa terputus. Lebih dari itu, tv al-Manar masih dapat melakukan tugasnya di sela-sela serangan bertubi-tubi Israel bahkan hubungannya dengan pusat media Lebanon MBC. Penanganan profesional atas jaringan medianya sampai pada tahap di mana selama perang 33 hari, siaran tetap berjalan normal tanpa sedetik pun mengalami gangguan. Bahkan al-Manar sempat menayangkan secara langsung wawancara Sayyid Hasan Nasrullah dengan wartawan al-Jazirah www.aljazeera.net. Ini membuat jaringan media Hizbullah patut diperhitungkan. Ini juga yang membuat para analisis berani bertaruh bahwa kerugian yang diderita oleh Israel akibat siaran al-Manar tidak kurang dari kerugian Israel akibat tembakan rudal-rudal Katyusha selama perang 33 hari.

Analisa perilaku media Hizbullah
Jaringan tv al-Manar milik Hizbullah merupakan tulang punggung media informasi Hizbullah. Bila dibandingkan dengan kelompok-kelompok media yang ada di Timur Tengah seperti Suriah, Irak bahkan dengan negara-negara teluk, struktur dan informasinya memiliki kualitas yang tinggi. Model doktrin yang dimilikinya bertumpu pada sikap permusuhan dengan zionis. Dengan model yang dianutnya, jaringan media al-Manar akan membantu setiap variabel yang melawan hegemoni zionis. Sampai saat ini, ada tiga bentuk aktivitas yang dimiliki oleh jaringan media Hizbullah untuk mewujudkan tujuannya:

1. Pengadaan jaringan tv al-Manar.
Situs internet tv al-Manar dengan alamat www.manartv.com.lb/news.aspx. Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya bahwa tv al-Manar jam tayangnya 24 jam dengan siaran berbagai bahasa. Berita dan laporan Hizbullah dalam berbagai bidang; politik, budaya, ekonomi kawasan Timur Tengah dan dunia Arab terutama menyoroti masalah Irak dan Palestina. Tv al-Manar juga menyiarkan ke seluruh dunia aktivitas Hizbullah di kawasan Timur Tengah begitu juga dengan studi dan seminar-seminar yang diadakan. Ditaksir pemirsa tv al-Manar berjumlah 30 juta orang. Di Eropa sendiri, sekalipun siaran tv al-Manar sering diputus, para pemirsanya tidak terputus. Karena mereka tetap mengikutinya lewat internet.

2. Pengadaan jaringan internet.
Hizbulah selain memiliki situs tv alManar, mereka juga memiliki beberapa situs khusus sebagaimana sebagiannya telah disebutkan dia atas. Yang membuat situs Hizbullah memiliki daya tarik tersendiri adalah model pemberitaannya. Gambar-gambar yang ditampilkannya memiliki orisinalitas, tidak mengambil dari situs lain. Di sisi lain, para penulis dan analisis memiliki sense penulisan yang baik dalam menganalisa masalah, sehingga sering analisa dan tulisan mereka dimuat ulang oleh media-media Arab. Setiap harinya, lebih dari sepuluh ribu pengunjung yang memadati situs Hizbullah menunjukkan rating yang tinggi. Saat ini, situs-situs berita dan analisa terkenal mulai menjadikan situs-situs Hizbullah sebagai link mereka; baik itu secara langsung maupun tidak. Ini dapat dibuktikan ketika kata Hizbullah dicari lewat situs pencari terkenal Google.

3. Disain dan produksi game tiga dimensi.
Satu lagi yang digarap oleh Hizbullah dengan memanfaatkan dunia digital adalah pembuatan game tiga dimensi dengan grafik yang bagus. Bagi Hizbullah, game tiga dimensi merupakan salah satu alat dari dunia digital yang harus dimanfaatkan demi memperkenalkan, memperluas dan memperkuat ide dan strategi. Dampak kasat mata yang dapat diambil dari perdagangan elektronik terkait dengan game adalah keuntungan miliaran dolar.

Salah satu game produksi Hizbullah cukup populer di kawasan Timur Tengah dan memasuki pasar Iran. Dalam permainan ini, pembebasan Lebanon selatan dan pengusiran Israel dari sana menjadi ide sentral. Hizbullah menghantam dan menghancurkan persenjataan Israel dengan dibantu oleh para pemuda Palestina.

Shafiy ad-Din mantan ketua departemen publikasi Hizbullah di Iran menegaskan bahwa Hizbullah telah mendisain dua game dengan karakter yang mirip sebelumnya; Special Force dan Fath al-Quds (Pembebasan al-Quds). Dalam perang antara kaum muslimin dengan zionis, alur cerita Special Force adalah menghancurkan kekuatan zionis. Bila seorang pemain mampu menyelesaikan seluruh misi yang ada, maka pada akhirnya dia akan diberikan medali kehormatan oleh Sayyid Hasan Nasrullah. Sementara bila pemain terbunuh dalam tugasnya bukan tulisan game over yang bakal muncul, tetapi syahid. Artinya, pemain tidak kalah, melainkan mendapat derajat yang tinggi dan itu adalah derajat syahadah. Hizbullah memberikan perhatian yang lebih dengan permainan ini. Oleh karenanya, mereka menyiapkan naskah berbagai bahasa agar dapat dimainkan oleh selain mereka yang berbahasa Arab.

Permainan ini menjadi penting setelah melihat reaksi dari Barat yang mengatakan bahwa game ini tidak menyisakan perdamaian sedikit pun. Ditambah lagi dengan ancaman bahwa mereka yang memperbolehkan jual beli permainan ini di negaranya akan diboikot oleh Amerika.

Sumber: ISLAT

Kategori:Tulisan Orang
  1. GAMER
    Oktober 18, 2009 pukul 9:30 am

    Alhamdulillah, akhirnya ada juga game yang seharusnya masuk dalam daftar main khusus bagi gamer beriman… ^ . ^

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 200 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: