Beranda > Tulisan Orang > Sedekah Menolak Bencana

Sedekah Menolak Bencana

Sedekah Menolak Bencana
Oleh: Masayu

Suatu hari, teman saya bercerita bahwa dia pernah mengalami kecelakaan yang sangat mengerikan. Logika manusia berkata bahwa seharusnya ia meninggal, tetapi tidak. Dia selamat sehat wal afiat dan hanya mengalami luka ringan saja; istilahnya, ”nyawa balen”. Dia berkata, ”Saya tertabrak mobil dan terpental dari kendaraan lalu jatuh di dekat ban mobil yang menabrak saya. Saya merasakan rambut terjambak oleh ban mobil.” Di balik kisah itu, dia sedikit bertanya-tanya, ”apakah karena itu?” Bahwa di tengah perjalanan dia melihat seorang pemulung yang sudah tua, yang sedang sibuk membongkar sampah. Karena iba dia merogoh koceknya dan dia berikan semuanya kepada pemulung itu. Mungkin kita angap bahwa itu adalah keselamatan diri karena sebuah kebetulan. Tapi, tidak ada yang namanya sebuah kebetulan.

Dari Sayyid Ali Ar-Ridho, dari kakeknya Sayyid Ja’far Ash-Shodiq, dari kakeknya Sayyid Ali Zainal Abidin, dari kakeknya Ali bin Abi Thalib, dari Rasulullah Saw, bersabda: ”Sedekah melalui tangan itu dapat menghindarikan diri dari kematian yang tidak baik, menjaga diri dari tujuh puluh macam bencana.” Sebuah pesan penting didapat dari hadits ini, bahwa tidak ada peristiwa kebetulan, karena segala sesuatu pasti memliki sebab akibat, dan perilaku yang baik akan menghasilkan buah perilaku yang baik pula.

Dari kisah teman saya di atas, ternyata sedekah dapat merubah nasib atau perjalanan hidup seseorang; sebenarnya tidak hanya sedekat, tetapi doa dan silaturahmi juga dapat merubah takdir kita. Hal ini tidak seperti yang sering kita dengar, bahwa: jodoh, mau, nasib sudah digariskan Tuhan dan tidak bisa diganggu gugat sehingga jika kita mengalami senang dan sengsara karena Tuhan yang menghendakinya. Sungguh, sebenarnya manusia mampu mengubah jalan hidupnya dengan perbuatan baik, sedekah, silaturahmi, tobat, istighfar, dan rasa syukur. Bisa dikatakan bahwa kita bisa memilih takdir kita sendiri (dengan doa yang disertai sedekah); sebagaimana yang terjadi pada kaum Nabi Yunus yang berdoa dan bertaubat sehingga terhindar dari murka Allah. Begitu juga dnegan silaturahmi yang dapat memanjangkan umur. Al-Kulaini meriwayatkan, dari Abu Hasan berkata, ”Orang yang dapat melakukan silaturahmi Allah akan memanjangkan umurnya tiga puluh tahun.” Allah juga telah berfirman, ”Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri.” (QS. 13:11)

Alkisah, Sayyidina Ali bin Abi Thalib pernah didatangi seseorang yang mengeluh karena perniagaannya yang terus merugi. Dia bertanya tentang apa yang harus dilakukannya. Sayyidina Ali lalu memberi resep yang berbunyi, ”Berniagalah engkau dengan Allah.” Berniaga dengan Allah adalah dengan memperbanyak sedekah; setiap kita bersedekat berarti kita meminjami Allah dan Allah membayarnya dengan berlipat ganda seperti dalam surat Al-Baqarah 245: ”Siapa yang memberikan pinjaman yang berarti kepada Allah, niscaya Allah akan melipatgandakan pembayaran kepadanya yang banyak sekali dan Allah sanggup mempersulit dan melapangkan rizki dan kepadaNya kamu dikembalikan.” Dengan demikian kita dapat menghindari bencana kerugian dengan bersedekah.

Pengalaman, kisah dan sejarah telah mengajarkan kepada kita, bahwa ternyata sedekah mampu memiliki daya rubah yang luar biasa. Seperti kisah yang sering kita dengar; dimana seorang pelacur masuk surga hanya lantaran memberi sedekah air kepada seekor anjing yang kehausan. Dia terbebas dari bencana neraka karena sedekahnya. Dari kita itu kita semakin yakin bahwa sedekah memang memiliki kemampuan untuk merubah dan menolak bencana. Akan sia-sia jika kita memandang sedekah sebagai hal yang hanya sekedar mengurangi saldo. Dan hanya pada-Nya kita semua akan kembali. Wallahu a’lam[]

Sumber: Buletin Dakwah Pelita Hati Nomor: 03, Edisi: 10, 30 Desember 2005

Kategori:Tulisan Orang
  1. Fadil
    Maret 23, 2009 pukul 2:36 pm

    1.1- Amal digandakan sehingga 700 kali ganda

    “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada tiap-tiap tangkai; Seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi sesiapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (kurnia-Nya) lagi Maha Mengetahui”. (Al-Baqarah: 261)

    Janji Allah

  2. Maret 24, 2009 pukul 8:46 am

    ressay… alumni HMI ya…. senasib donk. saya HMI malang dulu waktu Kuliah 96-2001.

    Berikut janji saya untuk cerita kepindahan kami,
    Bulan December 2006 kami sekeluarga konsentrasi untuk sedekah, setelah apa yg kita rasakan tentang hikmah sedekah.

    tapi, keterbatasan pendapatan kami yang membuat sedekah kurang maksimal. Walaupun, saya sebagai suami sering membohongi istri sa’at ditanya,
    “Abi sudah makan tadi siang ditempat kerja” tanya istri selalu setiba pulang kerja. dan selalu saya jawab “Sudah Umi”.

    Padahal, siang hari saya hanya “makan” sepotong roti Rp. 2 ribu rupiah, karena jika saya makan nasi di warung, pastilah minimal 8 ribu rupiah harus saya keluarkan.

    Perlu Ikhwan & Akhwat semua tahu, waktu itu seluruh gaji saya yg gak seberapa (2,4 Jt) saya berikan kepada istri dan saya hanya minta Rp. 3 ratus ribu rupiah, untuk pegangan isi bensin motor. berarti sehari saya harus pastikan pengeluaran tidak lebih dari 10 ribu rupiah selama di waktu kerja, untuk bensin & untuk makan siang di tempat kerja.
    dan inilah yg mengharuskan saya sering berpuasa, kalau tidak pastilah “minus”.

    “ma’afin Abi ya Ummi, sering bohongin ummi perihal makan siang, mudah-mudahan Alloh menambahkan rejeki kita”

    Perihal sedekah, saya koordinir teman-teman PT untuk menyalurkan sedekah gerakan 1000,- per-minggu yg setiap jum’at kita tarik. praktis sebulan dapet kisaran 800 ribu rupiah sa’at itu.

    Hingga bulan januari kita salurkan ke seorang pasien “bayi” cacat dengan lahir mata, mulut & hidung yg berada tidak pada tempat semestinya, pada keluarga di daerah MukaKuning-Batam yg butuh biaya pengobatan sa’at itu hingga karena hebohnya cacat, masuk dalam berita RCTI dan statiun TV lainnya.

    Dalam hati berdoa,
    “Ya Alloh, saya nggak sanggup untuk sedekah dengan nilai yg banyak, yg bisa hamba bantu, terimalah ibadahku dalam mengkoordinir dana sedekah ini ya Alloh”

    Di tempat kerja, saya gunakan facilitas internet bebas untuk melamar ke beberapa perusahaan, lewat JOBSDB ataupun JOBSTREET dan setiap meng-apply suatu posisi yg ditawarkan, saya senantiasa berdoa, semoga Alloh memberikan pekerjaan yg terbaik buatku, Ya Latief….angkatlah derajat kami”

    Alhamdulillah, bulan Februari saya dapat panggilan di sebuah perusahaan besar di Sumatera Utara, dan dengan mudahnya diterima karena ijin Alloh. Dikaruniakan sebuah kehidupan yg layak,
    “rumah gratis”
    “listrik gratis”
    “air gratis”
    “Tiket pesawat 1 keluarga pulang pergi setiap tahun ke Batam, gratis”
    “Facilitas Kesehatan OK”
    “Dan, gaji alhamdulillah, jauh dari yg kami dapatkan di Batam”

    Alloh ya Rozzaq, makasih…………………………………………….

    • Maret 24, 2009 pukul 4:22 pm

      saya belum jadi alumni, masih anggota dan pengurus.

  3. gudang4ilmu
    Maret 24, 2009 pukul 10:44 am

    Assalamu’alikum

    Sebagai Informasi, kita membutuhkan dana bantuan Pembangunan Madrasah di Desa Sosor ladang, Kec. Parmaksian, Tobasamosir.

    Disamping perusahaan kita (Toba Pulp Lestari)

    Bilamana ada saudara kita yang berniat membantu. Dan sebagai informasi awal, kita membutuhkan dana kisaran 30 Juta rupiah, untuk membangun 1 blok ruang kelas, dan ruang pendukung lainnya.

    Tahap 1 sudah rampung dengan 2 blok ruang kelas.

    Sumbangan bisa dilakukan transfer Via Transfer:

    Atas Nama:
    Panitia Pembangunan madrasah Al-Ikhlas
    REK. BRI : 3539-01-011448-53-6

    Terimakasih Atas Sumbangannya.

    Wassalam.

  4. Maret 29, 2009 pukul 1:18 pm

    artikel yang bagus, dan sepatutnya kita umat muslim bertindak demikian…

    wasalam

    Iwan Sugihartono

  5. isa widodo
    Mei 5, 2009 pukul 12:17 am

    Subhanallah memang benar sedekah penolak bala, penarik rahmat, sedekah salah satu bukti tingkat keimanan manusia. Orang tidak mau bersedekah karena tidak yakin dengan janji Allah SWT.
    Semoga kita diberi kekuatan untuk selalu beramala kebaikan.

  6. M. Nuril Anwar
    Mei 15, 2009 pukul 12:12 pm

    THANKS

  7. Erni Febrina Harahap
    Mei 31, 2009 pukul 1:59 pm

    Subhanallah…menarik kisahnya. Semoga kita bisa mengambil ibroh dari untaian cerita ini. Siapa yang meragukan kedasyatan sedekah? Sedekah dapat mendatangkan rezeki yang lebih besar tanpa diduga-duga dan juga memperpanjang umur. Tentang umur di sini bukan berarti umur dalam hitungan kuantitas, tetapi merupakan amalan yang kita lakukan ketika hidup selalu diingat indah oleh orang2 yg kita tinggalkan, yang berarti juga kita memberikan amalan yang bermanfaat buat orang lain…amin… Yooo…sedekah…jangan lupakan pula zakat yang WAJIB..
    “Umi Yusuf-Fauzan”.

  8. Juni 26, 2009 pukul 6:32 pm

    Assalamu’alaik….ahlan wa sahlan ya akhi wa ukhti…
    Kami nanti selalu cerita-certa tentang keutamaan . mu’jizat sedekah yang lain…
    PERCAYALAH…Sedekah membawa berkah dunia akhirat….Dasar Dalil Logikanya adalah Orang yang sedang Memancing atau Mengail ikan di laut atau sungai…coba di pikir ketemu gak…????
    kirim ke- annajah@rocketmail.yahoo.com

  9. Juli 11, 2009 pukul 4:22 am

    jadilah muslim cendekia, bukan cendekiawan muslim.
    maafkan saya, apabila ucapan saya terasa sebagai sebuah cubitan.

  10. rizky armansyah
    Agustus 7, 2009 pukul 2:24 pm

    Insya Allah saya akan ikut bersedekah tp jgn diketawain ya kalau sedekahku semampuku.terimakasih

  11. surya suherli
    Agustus 29, 2009 pukul 4:01 am

    Alhamduliilah saya sudah beberapa kali merasakan nikmatnya bersedekah, Saya meminjai Allah sedikit ternyata Allah mengembalikannya dengan ratusan lipat ganda kepada saya,Allahu Akbar Allah maha besar

    • Agustus 29, 2009 pukul 8:25 am

      Alhamdulillah. semoga bersedekah Anda tidak hanya berdasarkan itung2an untung rugi dengan Tuhan. Tetapi betul2 karena merasa terpanggil untuk membantu mereka yang tertindas.

  12. Oktober 4, 2009 pukul 4:07 pm

    silahkan kunjungi http://www.sedekahku.com
    kami berjuang untuk YATIM – PIATU – DHUAFA – ANAK TERLANTAR yang akan meMULIAkan anda
    yang berhati SEDEKAH dengan limpahan KEKAYAAN dan PAHALA..
    Sukses hidup DUNIA dan AKHIRAT.. Amin..
    MOHON BANTUAN untuk GEMPA PADANG.. Saat ini (10/2009) kami fokus membantu YATIM – PIATU – DHUAFA – ANAK TERLANTAR di daerah bencana gempa.. Nasib hidup mereka yang sudah memprihantinkan semakin memprihatinkan dengan adanya bencana ini..

  13. adhy
    April 5, 2010 pukul 7:46 am

    menyediakan jasa perpajakanm,pembukuan hub adhy purnama 081584995607.harga nego

  14. Oktober 11, 2010 pukul 3:10 am

    Mohon ijin, keikhlasan dan ridho nya. saya mau copy paste cerita testimoni nya.
    syukron katsir…

    • Oktober 26, 2010 pukul 7:06 pm

      silakan gak masalah.

  15. warsono
    November 25, 2010 pukul 1:30 pm

    mg kt dpt mcontoh amal spt dmkian.amiiiiiiin

  16. Alam
    November 27, 2010 pukul 4:03 pm

    Alhamdulillah Allah menjaga penghasilan saya, rata-rata tiap bulan 13 juta, amalan yang saya laksanakan bersedekah minimal 10% dari penghasilan.

  17. Agustus 4, 2011 pukul 8:06 am

    Tidak diragukan lagi, memang banyak keajaiban dari sedekah

Comment pages
  1. Juni 5, 2009 pukul 10:44 am

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 204 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: