Beranda > News, Nyante > Oleh-Oleh dari Pertemuan Tokoh Agama Se-Solo

Oleh-Oleh dari Pertemuan Tokoh Agama Se-Solo

Sabtu 7 Februari 2009 Pukul 08.30 dikediaman Ustadz Segaf Al-Jufri diadakan pertemuan para tokoh agama se-Solo. Hadir dalam acara tersebut diantaranya perwakilan dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Front Pembela Islam (FPI), Ikatan Jamaah Ahlul Bait Indonesia (IJABI) Solo, Majelis Mujahidin Indonesia (MMI), Pesantren Assalam Solo, dan banyak lagi para ulama dan ustadz yang hadir baik dari Sunni maupun Syiah.

Acara tersebut diadakan untuk mempererat jalinan ukhuwah Islamiyah yang selama ini sempat renggang.

Hadir sebagai tamu istimewa perwakilan dari Mer-C, Jose Rizal yang mempresentasikan kisah perjalanannya ke Gaza.

Acara yang dihadiri oleh sekitar kurang lebih 100 orang ini diisi dengan santap malam, mendengarkan presentasi dari Mer-C, dan doa untuk umat Islam dan para mujahidin.

Konflik sunni syiah yang sempat berhembus beberapa bulan yang lalu, tidak tampak pada pertemuan ini. Perwakilan dari ulama dan umat muslim sunni dan syiah ini duduk bersama mendengarkan cerita yang begitu menyayat hati dari orang yang pernah ada di Gaza secara langsung.

Jose Rizal memulai presentasinya dengan menceritakan bagaimana seorang menteri kesehatan Indonesia berani mengambil resiko dengan membentuk tim relawan untuk Gaza tanpa persetujuan Presiden SBY. Saat mengetahui hal itu, kata Jose Rizal, Presiden SBY sedikit marah.

Ketika ia dan rombongan sampai di Mesir, mereka menghadapi kendala sulitnya birokrasi Mesir. Untuk melewati perbatasan Mesir Palestina sangat sulit terutama bagi para relawan yang berasal dari negara muslim termasuk Indonesia. Yang diperbolehkan melewati perbatasan tersebut hanyalah orang-orang yang berkulit putih.

Sesampainya di Gaza, Jose Rizal dan rombongan Mer-C disambut hangat penuh ukhuwah oleh rakyat Gaza. Mereka menuturkan bahwa tim relawan dari Indonesia ini adalah saudara mereka dan mereka berharap rombongan tersebut dapat menyampaikan penderitaan mereka ke masyarakat Indonesia dan dunia.

Di Gaza, tim relawan dari Indonesia mulai beradaptasi dengan lingkungan yang ada dan memberikan pertolongan yang bisa mereka lakukan.

Sambil menampilkan foto-foto hasil kekejaman Israel, Jose Rizal bercerita bahwa dirinya menemukan dua jenis bom yang digunakan oleh Israel. Pertama, bom fosfor yang bisa membakar manusia yang berada di dekatnya karena suhu yang ditimbulkan dari bom tersebut sampai 100 derajat celcius. Kedua, bom (entah apa namanya) yang baru ia temui pada pertempuran Israel Palestina ini. Sebelumnya, di Afghanistan dan Lebanon, mereka belum pernah menemukan jenis bom tersebut. Bom yang jika meledak, pecahan dari bom tersebut bisa memutus kaki sampai pangkal paha. Jarang sekali korban yang kakinya putus hanya sampai betis saja. Rata-rata mereka yang terkena bom ini, kakinya putus seketika itu juga sampai pangkal paha. Bahkan tidak jarang menghancurkan alat kelamin seseorang.

Orang-orang yang terkena bom fosfor putih, rata-rata kulih dan daging mereka terbakar. Ada beberapa kaki, baik anak laki-laki maupun perempuan, kaki mereka bolong sampai daging bahkan tulang terlihat karena terbakar akibat panasnya suhu bom fosfor.

Yang membuat kami semua saat itu mengucapkan takbir dan shalawat adalah ketika Jose Rizal menceritakan pengalamannya memberikan pertolongan kepada salah satu pejuang dari Brigade Izzudin Al-Qassam yang terkena bom fosfor. Ketika pejuang tersebut di bius total, ia sempat mengigau. Bukan caci maki yang ia igaukan ketika dibius total tersebut, tetapi ia mengigau membaca surat At-Taubah dan Surat Al-Anfal yang merupakan surat yang berisi ayat-ayat jihad. Subhanallah…Para pejuang Hamas rata-rata mereka hafal Al-Qur’an.

Jose Rizal juga menuturkan bagaimana Israel melakukan penyerangan terhadap warga Gaza. Biasanya dibarisan terdepan, tank-tank dan pesawat Israel melakukan penyerangan terhadap bangunan-bangunan yang banyak manusianya. Setelah semua hancur lebur dan ternyata banyak korban yang jatuh diantara puing-puing bangunan tersebut, Israel dengan menggunakan buldoser meratakan puing-puing bangunan yang dibom itu. Sehingga korban yang jatuh dari pihak rakyat Gaza tidak diketahui oleh orang lain. Menurut Jose Rizal, Israel ingin menghilangkan bukti kekejaman mereka.

Akhirnya, sampailah pada sesi tanya jawab. Salah seorang dari jamaah yang hadir bertanya mengenai pertemuan Jose Rizal dengan Sayyid Husain Fadlullah. Jose Rizal mengiyakan bahwa dirinya bertemu dengan Sayyid Husain Fadlullah, guru spiritual Sayyid Hasan Nashrullah, tetapi itu dulu ketika pertempuran Israel Hizbulah. Jose Rizal mengatakan bahwa perjuangan yang dilakukan oleh Hizbullah dan Hamas memiliki kemiripan. Bahwa Israel mengalami kesulitan yang teramat sangat ketika harus menghadapi pasukan tikus Hizbullah dan Hamas yang secara tiba-tiba bisa berada di belakang pasukan Israel.

Ustadz Muinudinillah dari Pesantren Assalam Solo pun bertanya kepada Jose Rizal. Beliau bertanya mengenai peluang bagi para relawan jihad dari Indonesia untuk masuk ke Gaza membantu perjuangan pejuang Palestina. Jose menjawab dengan sangat bijak. Ia menuturkan bahwa salah satu penyebab keberhasilan perjuangan para pejuang Hamas ialah kerahasiaan. Bahkan diantara mereka pun acap kali ada kerahasiaaan. Ketika pejuang Hamas menggali terowongan, ia hanya berkoordinasi dengan komandannya, pejuang lainnya tidak mengetahui.

Jadi, jika kita ingin mengirimkan relawan jihad kesana, kita harus pastikan dulu apakah orang-orang yang akan kita kirim itu orang-orang yang terjangkiti virus munafikun atau tidak. Karena disana, agen mossad banyak berkeliaran, terutama di Mesir.

Jose Rizal pun menuturkan bahwa dirinya sempat tiba-tiba difoto bersama para dokter lain oleh seorang perempuan. Usut punya usut ternyata perempuan tersebut adalah agen Mossad.

Selain itu, ia juga menuturkan bahwa saat ini warga Palestina butuh air bersih dan susu. Susu yang selama ini ada merupakan susu dari Israel. Jadi, bagi para pengusaha susu muslim Indonesia yang ingin berinvestasi disana, ini merupakan peluang bagus untuk membantu saudara-saudara kita di Gaza. Bisa jadi susu yang berasal dari Israel tersebut sudah terkontaminasi zat-zat tertentu untuk merusak anak-anak Palestina.

Pesan penting yang disampaikan oleh Jose Riza ialah pentingnya ukhuwah Islamiyah. Ia menuturkan, “marilah kita jalin ukhuwah antara umat Islam dari apapun golongan dan mazhabnya.”

  1. Februari 9, 2009 pukul 3:40 am

    Assalamualaikum, itu yg ada kalimat “warga Israel butuh susu dan air bersih..” tolong diralat, harusnya kan “warga palestina”. kebetulan saya kemarin juga datang selaku HUMAS MER-C Cab.SURAKARTA.

    Jazakallah khair.

  2. masmpep
    Februari 9, 2009 pukul 3:55 am

    duka palestina, duka kita. berbahagialah mereka yang masih merasakan duka menyaksikan tragedi ini….

  3. Februari 9, 2009 pukul 4:10 am

    @sibermedik
    Terima kasih atas koreksi. Betul, maksudnya adalah rakyat palestina.

    Terima kasih kepada Mer C yang berkenan menceritakan pengalamannya. Semoga Allah meridhai perjuangan kalian.

    @masmpep
    Duka palestina adalah duka dunia yang menolak tegas penindas.

  4. Februari 9, 2009 pukul 6:09 am

    wah, masse juga tokoh agama dong bisa ikut pertemuan tokoh agama se solo, ngalah2ke banyak kiai yang tidak diundang

  5. azerila
    Februari 9, 2009 pukul 4:32 pm

    ada foto-fotonya?? kangen mau nginep di situ lagi :(

    thanks artikelnya..

  6. Februari 10, 2009 pukul 4:56 am

    @kipli
    Tokoh agama itu apa?

    @azerila
    Fotonya gak ada karena acaranya malem. Hasil foto hapeku g jelas.

  7. Februari 21, 2009 pukul 10:13 am

    salam abangda,,tolong kirim info dan proposal tentang LK-II Cabang Surakarta donk,,ke email saya ya,,
    alqossam1986@yahoo.co.id

    -Ketum HMI Koms FT IAIN-SU Medan-

  8. Februari 21, 2009 pukul 10:22 am

    Salam wa rahmah,

    Insya Allah minggu depan saya kirimkan lewat email dan lewat POS.

    Makasih atas kunjungannya.

    http://hmi-surakarta.co.cc

    Wassalam.

  9. Februari 21, 2009 pukul 10:29 am

    makasi abangda,,kalo lewat pos alamatkan :

    Jl. Angsa No 22 Medan 20234

    atau di HMI cabang Medan

  10. Iwan
    Februari 23, 2009 pukul 6:24 am

    Ad info lain ga???

    • Februari 23, 2009 pukul 10:10 am

      Info tentang apa mas?

  11. Maret 11, 2009 pukul 2:34 pm

    Salam warahmah,
    My brother is very “salut” on this one, in a moment I will tell a good article for you.

    • Maret 11, 2009 pukul 3:20 pm

      Thank you very much.

      Hehehehe…segitu saja bahasa inggrisku.

      Memang hebat bapak kita yang satu ini. Tetap berjuang pak.

  12. DSW
    Maret 11, 2009 pukul 10:58 pm

    Salam wa Rahmah,
    Saya dah dengar pertemuan itu, sayangnya gak bisa hadir karena ada acara lain, (eh blom termasuk ulama khan, jadi blom ikutan).
    Mas Yasser, mengutip ucapan Kak Muhammad Adi Nagoro (al Jufry) akan diaadakan pertemuan serupa tiap 6 bulan, jadi mohon apabila ada ide untuk buat hal serupa dengan tema-tema yang ‘hangat’ mungkin bisa untuk ditawarkan kepada beliau.
    Demikian, btw lama nich gak jumpa, NO HP sekarang apa ya biar bisa kontak, ini nomer saya 081329650649

    Terima kasih,
    DSW

    • Maret 12, 2009 pukul 5:12 am

      Dah lama ndak ketemu pak. Udah di Solo nih? hehehehe…

  13. gardaasura2008
    Agustus 21, 2009 pukul 1:24 pm

    apa kabar HMI Cabang Surakarta? rindu juga sama kawan-kawan di sana..

  14. Agustus 21, 2009 pukul 1:47 pm

    Alhamdulillah baik. Ini siapa?

  15. lamaru
    September 19, 2009 pukul 12:44 am

    Palestina akan lebih suxes dalam perjuangannya jika Hamas dan Fattah bersatu, tidak saling tembak. Padahal mereka sudah di pertemukan oleh Raja Arab Saudi utk bersatu, tapi sayang mereka masih pecah. Moga2 ada negara atau pihak lain yg bisa menyatukan mereka

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 202 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: