Jawab Pertanyaan Mulai dari Tempat Kelahiran Nabi sampai Silsilah Nabi 5 keatas dan 5 kebawah

 

Maulid Nabi datang lagi. Masih sama seperti tahun lalu, banyak umat Islam menyelenggarakan acara shalawatan dan pembacaan ulang sejarah Nabi untuk mengenang Nabi Muhammad yang mereka cintai lebih dari diri mereka sendiri. Ya, itulah bukti kecintaan mereka kepada Nabi mereka.

Kalau berbicara mengenai bukti kecintaan kita kepada Rasulullah, saya jadi teringat ketika hadir dalam sebuah seminar mengenai sunni syi’ah bersatu di Universitas Islam Indonesia. Hadir sebagai pembicara, yang diklaim mewakili pihak syi’ah, Ustadz Miftah Fauzi Rakhmat. Sedianya yang menjadi pembicara Syi’ah itu Ustadz Jalal.  Namun, Ustadz Jalal berhalangan hadir karena beliau sedang sakit pada saat itu.

Singkat cerita, di akhir pembicaraan ustadz Miftah dalam seminar tersebut, beliau mengajukan 2 pertanyaan. Menurut beliau ini sebagai wujud kecintaan kita kepada Rasulullah. Pertanyaan tersebut adalah:

1.      Dimanakah Rasulullah dilahirkan?

2.      Sebutkan silsilah keluarga Rasulullah 5 keatas dan 5 kebawah!

Pada saat itu ada keinginan yang muncul untuk menjawab pertanyaan tersebut. Tetapi dalam hati saya berpikir (mang hati untuk berpikir, entahlah),  tidak usahlah saya menjawab pertanyaan itu untuk memberikan kesempatan kepada yang lain. 

Bayangan saya pada saat itu, peserta seminar akan saling berebut menjawab. Namun dugaan saya tersebut meleset. Hanya beberapa orang yang mengacungkan tangan, itupun masih banyak yang salah menjawab.

Banyak yang menjawab bahwa Rasulullah itu dilahirkan di Mekkah. Semua juga tahu Nabi lahir di Mekkah, tetapi tepatnya dimana itulah yang jadi inti pertanyaan.

Mungkin ada diantara Anda yang dapat menjawab kedua pertanyaan tersebut, kira-kira apa jawabannya? Tetapi mohon maaf, saya tidak bisa memberikan hadiah seperti yang dijanjikan Ustadz Miftah ketika itu kepada para peserta seminar yang mampu menjawab pertanyaan tersebut.