McCain ‘Keseleo Lidah’ Soal Iran

 

john-mccain-pirate.jpgSudah bukan rahasia lagi jika para politisi puncak Amerika kerap ‘keseleo lidah’, bukan semata soal grammar tetapi juga substansi. Dulu dalam pertemuan APEC di Austria, Presiden George W. Bush malah menyebutnya sebagai pertemuan OPEC. Kemudian wakil Bush, Dick Cheney yang mengidentifikasi Presiden Venezuela Hugo Chavez sebagai presiden Peru. Dan kini, calon kuat presiden dari Partai Republik, Senator John McCain, menyebut Iran telah melatih dan membawa masuk al-Qaeda ke Irak, ups!

 

John McCain, senator Republik asal Arizona, dalam pernyataannya di Yordan, telah keliru mengidentifikasi perihal kategori ekstrmis Irak yang diduga menerima bantuan dari Iran.

Berbicara kepada para reporter di Amman, McCain mengatakan bahwa ia mengkhawatirkan operasi-operasi Iran, “yang membawa al-Qaeda masuk ke Iran, melatih mereka, dan mengirim mereka kembali (ke Irak),” menurut laporan Washington Post. McCain beberapa kali mengatakan bahwa Iran membantu grup militan al-Qaeda.

Ditanya untuk lebih lanjut mengelaborasi apa yang dikatakannya, McCain menjelaskan, “Sudah umum diketahui dan telah dilaporkan di dalam media bahwa al-Qaeda kembali ke Iran dan menerima latihan lalu kembali ke Irak dari Iran, hal itu sudah umum diketahui.

Dan ini sangat tidak menguntungkan,” katanya dengan yakin.
Beberapa saat kemudian, Senator Joseph Lieberman, yang bersama dengan McCain, membisikkan sesuatu di telinganya. McCain pun kemudian berkata, “Maaf, orang-orang Iran memang melatih para ekstrimis, bukan al-Qaeda.”

Menurut Washington Post, kekeliruan ini mengancam kampanye McCain bahwa pengalaman luar negerinya membuatnya menjadi pilihan alamiah untuk memimpin AS dalam perang melawan para teroris.[iar; nasdaq]

Sumber: ICC Jakarta