Anak kelas 5 SD lebih cerdas dari ilmuwan Museum Smithsonian


Apa benar anak kelas 5 SD lebih pintar dari Museum Smithsonian? Kenton Stufflebeam beberapa waktu lalu bersama keluarganya jalan-jalan ke Museum Nasional Smithsonian, sebuah museum tersohor di Amerika, bahkan di dunia.

Saat itulah anak laki-laki berusia 11 tahun dari Michigan mengetahui sebuah kesalahan tulisan yang menyebut Precambrian sebagai sebuah era atau masa. Sejak dibuka pada tahun 1981, jutaan orang melewati Menara Waktu di museum itu, sebuah gambaran perkembangan bumi dari waktu ke waktu termasuk era prasejarah.

 

Kenton adalah orang pertama yang melihat kesalahan itu. Kenton, yang tinggal di Allegan, Michigan namun sekolah di Alamo Elementary School dekat Kalamazoo, mengatakan, gurunya di kelas 5, John Chapman, juga pernah membuat kesalahan tentang Precambrian dalam pelajaran ilmu pengetahuan. Mengetahui hal ini sang ayah, Kevin Stufflebeam, membawa Kevin ke bagian informasi museum untuk melapor.

 

Dan pekan lalu, anak laki-laki pintar itu menerima sepucuk surat dari museum yang mengakui bahwa pernyataan Kevin adalah benar. ”Precambrian adalah satuan waktu yang tidak mengenal waktu, yang meliputi seluruh waktu antara asal usul Bumi dengan awal mulanya waktu geologis Periode Cambrian,” jelas surat itu. Benar kan, murid SD bisa lebih pintar dari ilmuwan di museum? – tya/Rtr

 

Sumber: SOLOPOS