KAMUS TEMPAT ANGKER DI INDONESIA

Nampaknya, tiada hari tanpa keisengan, itu sudah menjadi satu slogan hidupku. Betapa tidak, akhir-akhir ini aku menulis diweblog ini semuanya atas dasar keisengan. Bahkan ketika menanggapi tulisannya Ustadz Adian Husaini, yang nampaknya serius, itu pun atas dasar keisengan.

Lagi-lagi tulisan ini pun dibuat karena alasan iseng. Abisnya bingung mau nulis apa. Jadi lebih baik nulis apa yang ada di otakku saja. Padahal, sekali lagi, yang ada diotakku adalah hal-hal yang berbau iseng.

Judul tulisan ini terinspirasi dari judul buku terbaru dari Ustadz Muhsin Labib yang berjudul KAMUS SHALAT. Buku yang berusaha menyuguhkan kepada kita semua tentang macam-macam shalat yang ada dalam Islam yang tersebar dalam berbagai mazhab. Semuanya berjumlah sekitar lebih dari 250 macam shalat. Tulisan ini juga terinsipirasi dari tulisan yang ada disini.

Atas dasar iseng, aku coba buat tulisan ini dan aku iseng memberinya judul “Kamus Tempat Angker Di Indonesia”. Gak penting emang, tetapi barang kali bagi sebagian orang tulisan ini sangat penting. Misalnya, bagi orang-orang yang biasanya di depan namanya ditambahi gelar “Ki” seperti Ki Joko Bodo, Ki Yasser (halah ngarang bgtz).

Berikut aku suguhkan beberapa tempat angker yang terkenal di Jakarta. Aku mengharapkan para pembaca berkenan untuk menambahkan tempat-tempat angker yang kalian ketahui. Bisa tempat angker yang ada di daerah Anda ataupun tempat angker di daerah lain yang Anda ketahui tentunya. Ya sapa tahu kalau sudah terkumpul banyak, bisa dicetak juga jadi sebuah buku seperti buku KAMUS SHALAT tersebut. Nanti di sampul buku tersebut tertulis nama penulis, yaitu Blogger Indonesia.

***

Berikut Tempat-tempat angker di Jakarta:

* Jeruk Purut, tempat ini dikatakan angker karena ada seorang Pastur yang membawa kepalanya ditangan sebelah dan selalu diiringi oleh anjingnya yang berwarna hitam. Pastur tersebut dibunuh di jaman masa penjajahan Belanda.

* Jalan Kuningan, Jalan ini dikatakan angker karena sering terjadi kecelakaan, para pengendara motor atau mobil sering kali melihat sosok manusia / kepala tanpa tubuh yang dengan tiba-tiba menyeberang jalan.

* Jembatan Ancol, Jembatan ini dikatakan angker karena ditempat ini sering terlihat sosok wanita cantik, penduduk setempat biasa memanggilnya dengan sebutan ‘si manis jembatan ancol’.

* Gang pengantin Ali, Gang (jalan kecil) ini dikatakan angker karena ditempat ini pernah hilang secara gaib seorang pengantin lelaki yang bernama Ali, dan menjadi legenda sampai saat ini.

* Gedung Regent Kuningan, Gedung ini dikatakan angker karena sering terlihat hantu wanita dilantai 23.

* Putri Duyung Ancol, Salah satu bangunan putri duyung ancol pernah ada suatu kejadian dimana seorang wanita simpanan terbunuh secara mengenaskan.

* Terowongan Casablanca, terowongan (jalan lintas bawah tanah) yang ada dibawah jalan Kuningan (Rasuna Said) dikatakan angker karena pernah ditemukan, seorang lelaki setengah baya gantung diri dengan menggunakan kain spanduk.

* Museum Satria Mandala, Disalah satu ruang khususnya diruang tangga gedung ini pernah terjadi kecelakaan yaitu jatuhnya seorang penjaga lelaki hingga dia tewas dan konon kabarnya hantu lelaki itu masih suka berkeliaran di sekitar museum.

* Kali Sunter Ancol, Kali ini angker karena, pernah ada satu Metromini yang terperosok kedalamnya hingga menenggelamkan sebagian besar penumpangnya.

* Yogya Dept. Store Klender, Dikatakan angker karena pernah terjadi kematian masal di dalam gedung ini. Peristiwa ini terjadi tepat pada tanggal 15 Mei 1998 yang terkenal dengan peristiwa Mei Kelabu. Dan suatu malam selang tiga hari dari waktu kejadian sering terlihat kerumunan orang yang berseragam seperti pegawai dept store yang hendak menunggu angkutan umum bila di lihat jelas yang tampak hanya pemandangan malam yang sepi.

* BC Bar (sebelah Hard Rock Cafe) Gedung Sarinah Thamrin, Dikarenakan pernah terjadi tragedi pembunuhan didalam bar ini yang melibatkan banyak preman, pada waktu-waktu tertentu anda akan dapat merasakan semilir harum bunga kematian diareal teras berdarah tempat mayat bersemayam. Yang lebih meyakinkan lagi cerita dari satpam (penjaga) Hard Rock bahwa ia pernah digoda (dicolek) dari arah belakang yang tak jelas siapa pelakunya karena pada saat itu dia seorang diri. Atau cerita dari petugas kebersihan, tepat pada petang hari saat ia melakukan kegiatannya sambil bernyanyi-nyayi kecil, tiba-tiba ia mendengar nyanyian balasan padahal suasana ruangan pada saat itu sepi (hanya ia seorang).

* Apartemen Casablanca, apartemen ini angker dikarenakan dibangun diatas lahan pemakaman umum.

* Apartemen Cempaka Mas Lantai 6 Blok E, karena terdapat tuyul besar.

* Rumah Pondok Indah, konon kabarnya rumah itu sangat berhantu dan jika ada yg mencoba utk menempatinya maka penghuninya akan dihantui terus menerus dan pasti akan dibuat tdk betah di rumah itu. Dan rumah ini konon adalah tempat para hantu2 berkumpul dan mempunyai daya tarik yg kuat dan konon skrg kalau ada yg memasuki rumah itu maka orang itu sudah dipastikan tidak akan pernah kembali lagi.

* Lintasan Kereta Bintaro, Tempat yang terkenal dengan tabrakan kereta yang dahsyat yang banyak memakan korban ratusan nyawa hilang dengan mengenaskan. Ditempat ini sering berkeliaran organ tubuh tak bertuan, yang senantiasa menampakkan diri yang membuat suasana diareal lintasan kereta tersebut menjadi kawasan angker.