Pemulung Dilarang Masuk…!!!

Banyak di beberapa daerah di Indonesia, mulai di gang-gang sempit sampai ke wilayah perumahan elit, memasang pengumuman “Pemulung Dilarang Masuk”.

Berbagai alasan pun muncul mengapa dipasang pengumuman seperti. Mulai dari alasan ketertiban sampai alasan keamanan. Pemulung dalam pandangan mereka adalah sekumpulan orang-orang miskin, gembel jalanan yang dilarang keras untuk memasuki wilayah mereka karena mereka dianggap sebagai biang ketidakamanan suatu daerah.

Bahkan di Solo, terdapat daerah yang mayoritas warganya bermata pencaharian sebagai pemulung. Setiap kali polisi mendapatkan pengaduan kehilangan kendaraan bermotor, polisi langsung mengejar pelaku di daerah pemulung tersebut. Polisi menganggap bahwa PASTI yang melakukan tindak pencurian kendaraan bermotor itu adalah salah satu warga di daerah pemulung tersebut.

Miris memang, asas praduga tak bersalah tidak lagi berlaku bagi para pemulung. Mereka selalu dicurigai padahal belum terbukti benar merekalah yang melakukan berbagai tindak pidana. Belum cukup sampai di situ penderitaan mereka. Mereka harus lagi menghadapi cobaan untuk tidak dapat melakukan pekerjaan mereka sehari-hari dengan adanya larangan masuknya pemulung ke suatu kawasan, padahal dengan pekerjaan seperti itu mereka bisa menghidupi keluarganya.

Bukankah ini bertentang dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia. Itu sih menurut saya. Bagaimana menurut Anda?