Antara HMI dan GEMA PEMBEBASAN

Keduanya adalah Organisasi Kemahasiswaan yang berasaskan Islam. Namun antara HMI dan GEMA PEMBEBASAN terdapat perbedaan tujuan karena memang memiliki konstitusi masing-masing.

Tetapi kalau perbedaan di antara keduanya itu menjurus pada pernyataan sikap yang disepakati oleh beberapa organisasi kepemudaan Islam, termasuk di dalamnya HMI dan GEMA PEMBEBASAN, akan jadi seperti apa?

Memang pada kenyataannya, terdapat perbedaan teks dari pernyataan sikap yang disepakati kedua organisasi itu. Pernyataan sikap itu adalah pernyataan sikap Forum Pemuda dan Mahasiswa Islam Terhadap Film Fitna yang Telah Menghina Islam.

Silakan Anda lihat pernyataan sikap tersebut di website HMI dan Gema Pembebasan.

Letak perbedaannya adalah pada poin ke-5 dari pernyataan sikap tersebut:

Pernyataan sikap di HMI:

5. Menyeru kepada pemerintah RI untuk bertindak cooperative, dengan menegakkan nilai-nilai keislaman secara total dinegeri ini. Rakyat negeri ini mayoritas beragama Islam, maka kebebasan untuk menjalankan perintah agamanya secara total harus difasilitasi sebagaimana tertuang dalam batang tubuh undang-undang dasar, bahwa ”negara menjamin kebebasan agama dan kepercayaan tiap-tiap penduduk serta menjalankan ibadah sesuai dengan perintah agama dan kepercayaannya itu”.

Pernyataan sikap di Gema Pembebasan:

5. Menyeru kepada pemerintah RI untuk bertindak cooperative, dengan menegakkan syari’ah secara total dinegeri ini. Rakyat negeri ini mayoritas beragama Islam, maka kebebasan untuk menjalankan perintah agamanya secara total harus difasilitasi sebagaimana tertuang dalam batang tubuh undang-undang dasar, bahwa ”negara menjamin kebebasan agama dan kepercayaan tiap-tiap penduduk serta menjalankan ibadah sesuai dengan perintah agama dan kepercayaannya itu”.

Yang aku cetak tebal, itulah perbedaannya.

Sampai di sini, aku kebingungan, sebenarnya di antara teks pernyataan sikap tersebut mana yang asli? Karena kalau menurutku, teks pernyataan sikap yang disepakati oleh beberapa pihak harus sama untuk menjaga keotentikannya.

Manakah yang benar? aku memohon kepada para pihak-pihak yang hadir dalam pertemuan tersebut untuk memberitahukan di forum ini, manakah pernyataan sikap yang asli?

Jika yang benar adalah teks yang ada di Gema Pembebasan, maka aku meminta kepada PB HMI untuk merubah teks yang ada di website PB HMI dan meminta maaf. Begitu juga sebaliknya, jika yang benar adalah PB HMI, aku minta Gema Pembebasan untuk merubah teks yang telah dirubahnya dan meminta maaf.