Beranda > News > Dinilai Suap, Fadjroel Rachman Minta Mahasiswa Tolak Beasiswa

Dinilai Suap, Fadjroel Rachman Minta Mahasiswa Tolak Beasiswa

JAKARTA, KAMIS – Ketua Lembaga Pengkajian Demokrasi dan Negara Kesejahteraan (Pedoman), yang juga mantan aktivis mahasiswa yang pernah dipenjara oleh Rezim Soeharto, Fadjroel Rachman menegaskan, mahasiswa harus menolak beasiswa khusus mahasiswa atau BKM yang ditawarkan pemerintah.

Pasalnya, dana BKM itu dapat dikategorikan uang suap yang diberikan pemerintahan SBY-JK untuk meredam aksi-aksi mahasiwa yang semakin masif dan konfrontatif untuk menolak kenaikan harga BBM. Hal itu dikatakan Fadjroel Rachman kepada Kompas, Rabu (28/5) malam di Jakarta.

“Mahasiswa juga harus menolak, karena uang itu uang haram, yang bukan haknya. Akan tetapi, hak rakyat miskin yang harus menjadi tanggungan negara akibat negara telah menaikkan harga BBM yang semakin memberatkan mereka. Kalau mahasiswa menerima BKM, artinya mahasiswa telah mengambil hak milik rakyat miskin,” tambah Fadjroel.

Ia menilai bahwa “uang sogok” yang akan diberikan kepada mahasiswa adalah cerminan dari kepanikan pemerintah karena takut akan aksi mahasiswa yang terus terjadi secara bergelombang. Dikhawatirkan, aksi ini semakin masif dan dapat menjatuhkan pemerintahan seperti di masa-masa jatuhnya Orde Baru dan jatuhnya Orde Lama.

“BKM sama sekali hal baru yang dilontarkan saat gelombang dan aksi penolakan mahasiswa memuncak. Lain dengan halnya BLT yang memang sudah direncanakan sejak awal sebelum kenaikan BBM. Karena itu, BKM patut dipertanyakan keabsahannya. Jadi, BKM memang dimaksudkan untuk meredam aksi,” lanjut Fadjroel yang mendukung pembagian BLT, namun menolak kenaikan harga BBM dan BKM.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam rapat yang dipimpinnya beberapa hari lalu memutuskan memberikan BKM kepada 400.000 mahasiswa miskin yang ada di 83 perguruan tinggi negeri dan 2.700 universitas swasta di seluruh Indonesia. Beasiswa diberikan mulai Juli mendatang sebesar Rp 500.000 per mahasiswa per semester. Total dana yang disiapkan pemerintah adalah Rp 200 miliar yang akan diambil dari APBN-P.

Sumber: KOMPAS

  1. Mei 30, 2008 pukul 3:29 am

    Artikel di blog ini sangat bagus dan berguna bagi para pembaca. Agar lebih populer, Anda bisa mempromosikan artikel Anda di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di seluruh Indonesia. Tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!

    http://ekonomi-indonesia-bisnis.infogue.com
    http://ekonomi-indonesia-bisnis.infogue.com/dinilai_suap_fadjroel_rachman_minta_mahasiswa_tolak_beasiswa

  2. agungk
    Juni 10, 2008 pukul 3:56 am

    Buat Mas Fajroel….
    Kalau mau juga bilang dong…Meskipun ente sudah bukan mahasiswa lagi, ya ngga apa-apa lah. Atau gimana kalau LSM juga dapat BLT? Mau gak?

  3. Juni 10, 2008 pukul 5:21 am

    Mungkin kalau mas Fajroel membaca tulisan ini, beliau akan bertanya, “Mas Agung, ente dibungkam ama pemerintah brapa juta?”

  4. syarif
    Juni 17, 2008 pukul 6:25 pm

    mengertikah anda tentang
    korelasi antara alam semesta dan diri anda?

  5. Juni 18, 2008 pukul 6:05 am

    Salam. wah ndak tau. apa yach?

  6. fergie
    September 23, 2008 pukul 6:08 am

    i love fadjroel since first time i landed my eyes off him. i thought of this: a new leader is born.

    love,
    fergie

  7. lydia
    September 23, 2008 pukul 6:13 am

    pemerintah ngasih beasiswa ini sama kan kayak pas dulu di ITB di bangun fasilitas olahraga itu,, apa namanya itu! (kok tiba2 saya lupa)
    intinya biar mahasiswa lupa demo.upaya distracting lah gitu.
    tapi, enak aja.
    emangnya kita buta!!
    salam mahasiswa.

  8. odot
    Januari 28, 2010 pukul 12:33 pm

    si fadjroel mw loe apa c?????pengen jadi pejabat ya,hahhaaaa

    • Januari 28, 2010 pukul 12:45 pm

      Tanya sendiri ama orangnya donk. jangan tanya di blog ini. gimana sih…

  9. tony
    Februari 24, 2010 pukul 6:17 pm

    fadjroel cari muka…
    cari jabatan yaaa..????

    • Februari 24, 2010 pukul 6:40 pm

      hehehehe…jangan nilai pribadi…tapi nilai lah pendapatnya…

  10. danungtezar
    Juli 4, 2012 pukul 4:13 am

    fajruh tu cuma cari popularitas biar bisa nyalonin presiden 2014

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: