Isu Timur tengah sering kali membuatku bingung. Masalahnya, masing-masing pihak sering kali berbeda dalam menyampaikan pelaporannya. Tidak jarang terjadi juga kontradiksi yang teramat sangat.

Bagaimana dengan perbedaan pemberitaan yang terjadi antara Era Muslim dan IRIB? silakan Anda simak.

***

Konflik Bersenjata di Utara Libanon, Lima Orang Tewas

Ketegangan sektarian di Tripoli, utara Libanon yang pecah hari Minggu (22/6) sudah menelan korban lima korban jiwa dan masih berlanjut hingga hari ini, menyebabkan sejumlah pendudukan sipil mengungsi atau berlindung di tempat-tempat perlindungan bawah tanah.

Sedikitnya dua orang luka-luka ketika para pendukung Hizbullah dan kelompok pendukung pemerintah saling baku tembak dan saling melempar granat di dua distrik padat penduduk di utara Libanon, Bab al-Tebbaneh dan Jabal Mohsen.

Sejumlah faksi di Libanon, hari Minggu kemarin mendesak agar pemerintah Libanon mengerahkan pasukan militernya untuk memulihkan keamanan dan mengusir kelompok-kelompok bersenjata dari jalan-jalan. Tetapi, Minggu sore, bentrokan antara keduabelah pihak terjadi lagi.

Laporan koresponden al-Jazeera menyebutkan, situasi di kota Tripoli “sangat berbahaya.” Menurutnya, apa yang terjadi adalah friksi di kalangan kelompok lokal di Libanon.

Sorang pejabat keamanan Libanon mengungkapkan, kelompok pejuang Sunni yang pro pemerintahan Libanon melawan kelompok Alawites, cabang dari kelompok Syiah yang mendukung Hizbullah. Distrik Bab al-Tebanneh dan al-Qobbe adalah distrik-distrik Sunni sedangkan Jabal Mohesen mayoritas warganya adalah penganut Alawites.

Sementara itu, di kamp pengungsi Ain el-Helweh selatan Libanon, seorang pejuang Muslim dalam kondisi kritis karena luka-luka yang dideritanya, akibat ledakan sebuah. Korban yang kritis itu adalah satu dari empat korban luka lainnya yang dibawa ke rumah sakit, di antaranya adalah seorang perempuan dan anak perempuanberusia 8 tahuan.

Imad Yasin, korban kritis adalah kelompok Jundul Shamn. Ia terluka bersama dua orang pengawalnya ketika terjadi ledakan yang berasal dari sebuah tong sampah di Taameer Ain el-Helweh. (ln/aljz)

Sumber: Disini

***

Saya mencoba mencari-cari berita yang sama di website IRIB. Dan ternyata ada juga, tetapi laporan berita dari IRIB sangat berbeda dengan eramuslim.

Jika Eramuslim lebih senang menyoroti konflik di Libanon itu adalah konflik sektarian, sedangkan di IRIB menyoroti konflik di Libanon sebagai konflik politik.

Berikut laporan berita dari IRIB:

Lebanon Kembali Rusuh, Satu Tewas dan 18 Cidera

Bentrokan antara pendukung kubu berkuasa dan oposisi Lebanon di Tripoli, utara negara ini sedikitnya mengakibatkan seorang tewas dan 18 lainnya cidera. Insiden itu terjadi dini hari ini di Bab Tibbaneh distrik Alawite Jabal Mohsen. Menurut sumber tersebut, pendukung Saad Hariri terlibat bentrokan dengan warga Jabal Mohsen. Sementara itu, militer Lebanon menangkap sejumlah pelaku kerusuhan dan melakukan pengawasan ketat di wilayah ini.

Di sisi lain, Gerakan Perlawanan Islam Lebanon, Hizbullah memperingatkan aksi kubu 14 Maret yang berusaha meningkatkan ketegangan di wilayah utara Lebanon. Pejabat hubungan internasional Hizbullah, Nawaf Musawi, mengatakan, Hizbullah akan membalas setiap serangan milisi 14 Maret. Ia menambahkan, upaya menarik kelompok Sunni untuk memusuhi Hizbullah akan berdambak buruk bagi Hariri.

Sumber: Disini

Militer Turun Tangan, Bentrokan di Lebanon Utara Berakhir

Bentrokan antara kelompok pendukung kubu 14 Maret dan kelompok pendukung pembentukan pemerintahan nasional bersatu di utara Lebanon berakhir. Kantor Berita IRNA melaporkan, dalam bentrokan antara para pendukung Saad Hariri dari kubu 14 Maret dan para pendukung pembentukan pemerintahan nasional bersatu di Tripoli, Lebanon selatan, yang berlangsung sejak Ahad pagi, berakhir setelah pasukan militer dan sejumlah tokoh agama turun tangan. Akibat bentrokan tersebut 29 orang termasuk seorang tentara Lebanon cedera. Dalam insiden bentrokan itu kedua pihak menggunakan senjata otomatis dan semi otomatis.

Tripoli dan sejumlah distrik lainnya di Lebanon utara dalam sebulan terakhir menjadi ajang bentrokan antara para pendukung kubu 14 Maret dan para warga pro-pembentukan pemerintahan nasional bersatu. Hingga kini bentrokan tersebut telah merenggut nyawa banyak warga.

Sumber: Disini

***

Menurut Anda, manakah yang akan Anda percayai? Apakah Konflik di Lebanon itu adalah konflik sektarian ataukah konflik politik?