Para Petinggi Republik Islam Iran menemui Pimpinan Tertinggi Univ. Al Azhar untuk menjajaki kemungkinan dibukanya cabang Al Azhar di Tehran. Situs Islamonline, menulis bahwa permohonan tersebut mendapat sambutan baik dari pimpinan tertinggi Al Azhar YM Syaikh Mohammad Sayyid Thanthawi.

Menurutnya nantinya jika telah disepakati yang akan direalisasikan adalah dibukanya cabang dengan jurusan ilmu-ilmu Islam.

Hasan Rajabi, Ketua Kantor Pemelihara kepentingan Iran di Mesir menyatakan, bahwa wacana itu muncul dari usulan Ayatullah Syaikh Mohammad Taskhiri, ketua Asosiasi Internasional Pendekatan Antar Madzhab dalam Islam.

Selain itu Mohammad Zamani, Duta Budaya Iran di Mesir yang ikut hadir dalam pertemuan itu juga mengatakan, bahwa ke depan bila kesepakatan ini bisa direalisasikan, maka semua mahasiswa Iran yang kuliah di cabang itu bisa melanjutkan langsung studinya di Al Azhar Mesir atau cabang-cabangnya di tempat lain.

Syaikhul Azhar dalam kesempatan itu menyebutkan, tentang sejarah panjang Iran dalam keilmuan dan peradaban, serta persatuan dan kesatuan antara kaum muslim untuk menyelesaikan berbagai problema yang dihadapi masyarakat dunia, khususnya dunia Islam.

Selain itu beliau juga memberikan apresiasinya atas usaha Republik Islam Iran untuk menjalin persaudaraan dan memperkuat persatuan kaum muslimin walaupun adanya perbedaan suku, warna kulit dan pandangan parsial dalam agama.

Hal itu semua bisa dikesampingkan karena adanya dasar-dasar Islam yang kita sepakati bersama, tambahnya.[im/mt] ikna

Sumber: Islam Muhammadi