Bendera Indonesia
Bendera Indonesia

Kaget juga ketika ada salah satu pakar telematika ternama di Indonesia melaporkan video klip dari salah satu band yang juga ternama di Indonesia ke kepolisian RI atas tuduhan pelecehan terhadap bendera negara.

Anda penasaran bagaimana bentuk pelecahan yang dituduhkan itu?

Silakan lihat gambar dibawah ini:

Bendera Video Klip Dewa
Bendera Video Klip Dewa

Aku coba bertanya-tanya, apa masalahnya sehingga video klip tersebut sehingga dipermasalahkan oleh pakar telematika itu?

Apakah karena ada sebuah lambang yang oleh mas fikri merupakan lambang yang sebenarnya bertuliskan Lafadz Allah?

Ingat kasus ini, aku jadi ingat dengan lambang kepanitiaan Latihan Kader II HMI Cabang Makassar Timur. Coba Anda bandingkan:

Logo LK 2 HMI Cabang Makassar Timur
Logo LK 2 HMI Cabang Makassar Timur

Bagaimana? Berbedakah gambar tersebut secara substansi?

Bagaimana jika aku tambahkan beberapa gambar lagi?

Bendera Acara A Mild
Bendera Acara A Mild

Bahkan ada negara tetangga yang sebenarnya sudah melecehkan bendera Indonesia (tentunya menurut pola pikir pakar telematika itu yang coba aku adopsi), seperti misalnya berikut:

Bendera Singapura
Bendera Singapura

Gimana tanggapan Anda dengan adanya berbagai macam gambar diatas?

Bagaimana pula tanggapan dari pakar telematika itu yach? mau menuntut Singapura? atau mau menuntut A Mild juga? Aku pikir kalau menuntut Panitia LK II HMI Cabang Makassar Timur gak bisa. Karena logo mereka tidak merubah bentuk merah putih. Mereka hanya menempatkan merah putih pada tumpukan paling bawah dari gambar-gambar lainnya.