Beranda > Tulisanku > Perjuangan dan Pengorbanan Pada Tanggal 10

Perjuangan dan Pengorbanan Pada Tanggal 10

Ka'bah

Ka'bah

Dan Kami tebus anak itu dengan Sembelihan nan Agung (QS.as-Shaffât:107)

…Sebab Tuhan ALLAH semesta alam mengadakan korban penyembelihan di tanah utara, dekat sungai Efrat (Yeremia 46:10)

10 Dzulhijjah

Gema Takbir berkumandang dari masjid-masjid di sudut-sudut kota Solo. Anak-anak kecil beramai-ramai melakukan pawai kecil-kecilan dengan bermodalkan alat seadanya yang mereka anggap sebagai alat musik seraya mengumandangkan takbir.

Perasaan riang gembira tampak pada wajah-wajah mungil itu. Mereka berkeliling kampung meramaikan suasana. Begitu gembiranya mereka menyambut hari yang oleh umat Islam disebut Hari Idul Adha. Salah satu hari raya dalam Islam.

Hari Raya Idul Adha jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah, bertepatan dengan tanggal 8 Desember 2008. Hari dimana umat Islam berkurban sebagai salah satu upaya mendekatkan diri (taqarrub) kepada Allah SWT.

Nabi Ibrahim ‘alaihissalam, dikenal sebagai peletak batu pertama ibadah ini. Peristiwa penyembelihan yang dilakukan Ibrahim terhadap anaknya Isma’il, merupakan dasar bagi adanya ibadah Qurban. Nabi Ibrahim dengan penuh ketulusan dan keikhlasan bersedia untuk menyembelih anak kesayangannya Ismail, hanya semata-mata untuk memenuhi perintah Allah SWT.

Peristiwa yang mengharukan ini, dilukiskan dengan indah oleh Allah SWT dalam al-Qur’an surah as-Shaffat ayat 102 yang artinya :” Tatkala anak itu sampai umurnya dan sanggup berusaha bersamasama Ibrahim. Ibrahim berkata ; Wahai anakku, sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah apa pendapatmu. la menjawab, wahai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan oleh Allah kepadamu, insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar”.

Atas dasar kecintaan kepada Tuhannya, Ibrahim memenuhi perintah Tuhan itu. Seakan-akan ia tidak memiliki kehendak diri, yang ia pikirkan adalah kehendak Tuhan.

Jalaluddin Rumi mendeskripsikan apa itu cinta. Menurut Jalaluddin Rumi, cinta itu adalah melepaskan kehendak diri. Yang ada hanyalah kehendak yang dicintai.

Kesetiaan Ibrahim terhadap Tuhannya, ia tunjukkan dengan mengorbankan apa yang ia miliki. Tiada kesetiaan tanpa pengorbanan. Mungkin itulah prinsip Ibrahim.

“Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu memberikan (mengorbankan) apa yang kamu cintai.” (Q.S. Ali Imran [03]: 92)

Inilah bentuk pengorbanan yang luar biasa dari diri Nabi Ibrahim ‘Alaihi wa sallam. Juga pengorbanan luar biasa dari diri Nabi Ismail ‘Alaihi wa sallam, yang telah rela menyerahkan jiwa dan raganya untuk mengabdi kepada Allah.

10 November

Peristiwa 10 November 1945 atau dikenal sebagai “Battle of Surabaya” merupakan peristiwa sejarah perang antara Indonesia melawan Sekutu yakni Inggris dan Belanda. Lalu berpihak dimana Amerika?? Tidak terbantahkan lagi bahwa Inggris dan Belanda termasuk Australia (kelak berperan dalam agresi I dan II) adalah sekutu setia Amerika.

Peristiwa berdarah di Surabaya ketika itu telah menggerakkan perlawanan rakyat di seluruh Indonesia untuk mengusir penjajah dan mempertahankan kemerdekaan. Banyaknya pejuang yang gugur dan rakyat yang menjadi korban ketika itulah yang kemudian dikenang sebagai Hari Pahlawan.

10 Muharram

Dinamakan juga Hari Asyura. yakni pembantaian cucunda Rasulullah SAW, al Huseyn bin Ali, di padang Karbala, oleh tentara-tentara khalifah Islam saat itu, Yazid bin Muawiyah. Kepala beliau dipenggal dan diarak sampai Damaskus. Keluarga beliau termasuk anak-anak dibantai dan dibunuh, terkecuali wanitanya yang kemudian dijadikan tawanan perang

Al-Huseyn bin Ali mewarisi pengorbanan Ibrahim. Pada akhir ujian kecintaannya, Ibrahim diperintahkan untuk menyembelih putra tersayangnya. Ismail yang sangat dicintainya, harus berakhir di tangannya. Ketika belati yang tajam hendak menyentuh kulit Ismail, tangan Ibrahim tak lagi memegang putranya. Seekor kambing tergeletak di hadapannya.

Namun Al-Huseyn, yang dikorbankan dari keluarga Muhammad. Keluarga Muhammad mewarisi keluarga Ibrahim. Muhammad adalah Ibrahim, dan Al-Huseyn adalah Ismail. Jika Ismail diganti dengan seekor kambing, Tuhan tidak mengganti Al-Huseyn dengan apapun hingga akhirnya leher yang sering diciumi nabi itu, ditebas pedang si durjana.  Al-Huseyn lah pengorbanan itu. Ia puncak segala kecintaan, engkaulah pangkal segala kepasrahan.

——-

Baik 10 November, 10 Dzulhijjah, 10 Muharram, mengajarkan dan mengingatkan kita bahwa perjuangan dan pengorbanan. merupakan dua hal yang tak dapat dipisahkan. Tiada kesetiaan tanpa pengorbanan. Sudahkah kita berkorban?

——-

10 November, perjuangan pahlawan demi ibu pertiwi tercinta
10 November, perjuangan yang tak kenal lelah untuk meraih kemerdekaan
10 November, perjuangan suci sampai titik darah penghabisan

10 Dzulhijjah, perintah suci dari Sang Kekasih
10 Dzulhijjah, hari untuk penyembelihan Ismail
10 Dzulhijjah, hari dimana cinta dan nafsu bertarung
10 Dzulhijjah, hari dimana Ibrahim mematuhi perintah Sang Kekasih
10 Dzulhijjah, pengorbanan Ibrahim dan keluarganya.

10 Muharram, perintah suci dari Sang Kekasih
10 Muharram, hari dimana penyembelihan leher Al-Husein, Cucu Nabi
10 Muharram, hari dimana cinta dan nafsu saling berhadapan
10 Muharram, hari dimana Al-Husein menjawab panggilan Ilahi
10 Muharram, pengorbanan Muhammad dan keluarganya yang suci

Sumber: HMI Cabang Surakarta

  1. Desember 10, 2008 pukul 11:23 pm

    Itu diantara rahasia angka: 10 sebenarnya 1. Dan satu Angka Allah, yg hurufnya adalah alif sbg huruf cahaya. Smg dr kejadian 10 Asyura akan muncul semangat baru “Haratul Husayn”, semangat Al-Husein (AS) dlm menegakkan kebenaran dan keadilan.

    Bagi teman2 yg sdh rindu ingin menyaksikan dan mendengarkan Audio dan video Imam Khumaini (RA), sosok cemerlang dan penegak kebenaran dan keadilan di abad modern, silahkan klik disini:
    http://islampraktis.multiply.com

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: