Setan Besar bush dilempar sepatu. Sayang gak kena.
Setan besar bush dilempar sepatu, sayang gak kena. Mampus Bush...!!

Jika rakyat Palestina melempari tank-tank Israel,  yang jelas-jelas terbuat dari besi, dengan batu di jalanan. Berbeda halnya dengan Wartawan Irak yang hadir pada acara konferensi pers yang menghadirkan PM Irak Nuri al-Maliki dan George W. Bush.

Ketika kedua pemimpin tersebut bertemu di kantor Maliki, seorang wartawan yang duduk di barisan ketiga meloncat dengan berteriak, “Itu ciuman perpisahan, kamu anjing,” dan kemudian melemparkan sepatunya satu per satu ke arah Bush.

Wartawan yang  bernama Muntazer al-Zaidi itu bekerja untuk saluran Al-Baghdadia yang melakukan siaran dari Kairo. Selepas pelemparan sepatu itu, petugas keamanan kepresidenan segera membawa wartawan tersebut keluar dari ruangan.

Tapak sepatu sering dianggap sebagai penghinaan pamungkas dalam budaya Arab. Setelah patung Saddam Hussein dirobohkan di Baghdad pada April 2003, banyak orang memukuli wajah patung itu dengan tapak sepatu mereka.

Ironisnya, sejumlah wartawan Irak berdiri untuk meminta maaf atas insiden tersebut. Aku jadi bertanya-tanya, siapa yang berbuat, siapa yang meminta maaf? Lagi apa perlunya meminta maaf kepada setan besar Bush yang telah membantai banyak manusia (aku tidak berbicara Islam).

Sayang, aksi pelemparan dengan sepatu itu hanya dilakukan oleh seorang wartawan saja. Coba seandainya banyak wartawan yang hadir disitu melempari setan besar bush dengan sepatu dan batu. Gak kebayang deh wajah yang biasa menampakkan raut muka arogan itu berubah menjadi wajah yang dipenuhi dengan lukisan tapak sepatu.