Rasanya belum lama aku mendengar berita tentang orang bunuh diri di public space, kemarin berita itu datang lagi. Aku lihat tayangan di telivisi bahwa ada seorang lelaki yang bunuh diri di Solo Grand Mall.

Sepanjang yang aku ketahui, sudah ada 5 kejadian bunuh diri yang aku lihat di televisi. Saat menyaksikan tayangan itu, aku sempat berbincang dengan teman-teman kost, mengapa kerap sekali kejadian bunuh diri di tempat-tempat umum? Apa yang jadi penyebab?

Saat itu aku berpikiran bahwa tayangan kejadian orang bunuh diri di tempat-tempat umum itu sebetulnya dapat membawa dampak negatif juga. Setidaknya ada dua hal negatif yang akan muncul dari orang melihat tayangan tersebut.

Pertama, bahwa kebanyakan orang yang memiliki pikiran pendek akan menganggap bahwa itu merupakan tambahan pengetahuan yang suatu saat bisa ia ikuti jika ia mengalami depresi dan permasalahan hidup yang berat. Untuk lari dari persoalan hidup yang begitu menyiksa dirinya, ia dapat menjadi tindakan bunuh diri di tempat umum sebagai suatu alternatif  solusi.

Kedua, jika semakin banyak dan semakin sering tayangan tentang kejadian bunuh diri itu ditayangkan, maka lambat laun bisa jadi kejadian bunuh diri adalah suatu hal yang biasa. Karena itu menjadi suatu hal yang biasa, maka tidak menjadi soal jika satu saat ada diantara kita yang memutuskan untuk bunuh diri.

Saat aku menyampaikan hal itu kepada teman-teman di kampus pun, kebanyakan dari mereka memiliki pemikiran yang sama. Apakah begitu juga dengan Anda? Apa pendapat Anda soal kejadian bunuh diri yang saat ini marak sekali terjadi? Apa pula pandangan Anda tentang tayangan kejadian bunuh diri di televisi?