Beberapa orang teman bertanya tentang antivirus apa yang lebih baik digunakannya, karena berkali-kali laptop mereka diinstal ulang karena terkena virus berbahaya.

Aku bilang saja bahwa selama ini aku menggunakan Avira dan Smadav. Dulu aku pernah menggunakan Kaspersky, tetapi belakangan mengecewakan karena susahnya mendapatkan key kaspersky. Hingga akhirnya aku beralih untuk menggunakan Avira. Walaupun gratis namun secara keseluruhan kemampuannya bagus asalkan selalu rajin mengupdate database virusnya.

Avira Antivir

Antivirus ini mempunyai beberapa versi produk, namun yang gratis adalah Avira Antivir Personal.  Sayangnya ukuran instaler lumayan besar yaitu sekitar 29 mega. Sedangkan update manualnya juga cukup besar yaitu 22 mega. Agak susah apabila download dengan koneksi lambat. [darmawanku.com]

Jika kamu ingin mendownload Anti Virus Avira, maka bisa didownload di Website Resmi Avira.

Sedangkan untuk download update virus database terbaru, bisa download klik disini.

Atau jika komputer atau laptopmu terhubung dengan internet, dapat update virus database terbaru secara langsung tanpa perlu mendownloadnya.

Smadav

Selain Avira, aku juga menggunakan Smadav. Jika Avira aku gunakan untuk melindungi komputerku dari virus internasional, Smadav berfungsi untuk melindungi komputerku dari virus lokal. Mengapa aku memakai smadav, karena menurut temenku, Avira dan Smadav telah menjalin sebuah kerjasama. Jadi kedua antivirus itu saling mendukung satu dengan yang lainnya dalam melindungi komputer dari ancaman virus.

Ternyata informasi itu didapat saat aku mulai menghidup Real Time Protect-nya Smadav. Disana muncul notifikasi dan terdapat tulisan yang intinya bahwa Smadav telah bekerjasama dengan Avira. Sehingga sangat dianjurkan, selain menggunakan Smadav juga direkomendasikan untuk menggunakan Avira Antivir untuk melindungi komputer dari bahaya virus internasional.

Untuk mendownload Smadav, silakan download di website resmi smadav.

File yang kita download itu dengan format zip. Antivirus ini tidak perlu diinstall, karena ini portable.

Untuk cara mengaktifkan Smadav ini, silakan ikut cara dibawah ini:

  1. Buka file zip yang baru didownload.
  2. Buatlah sebuah folder di C:\Program Files\, dan diberi nama Smadav.
  3. Extract seluruh file yang ada di file zip yang didownload dan ditempatkan di folder yang sudah dibuat tadi.
  4. Setelah itu, klik file yang berlambangkan segita berwarna hijau.
  5. Selesai.

Mudah kan?

Lalu bagaimana dengan update virus database dari Smadav ini? Smadav tidak memberikan update virus database, hanya saja Smadav senantiasa meng-upgrade versi terbarunya dan itu bisa kamu download. Sama seperti mendownload pada saat awal Anda menggunakan Smadav.