Beranda > Tips dan Trik > Membuat Page Links dan Arsip di WordPress.com

Membuat Page Links dan Arsip di WordPress.com

Akhir-akhir ini aku merasa ndak nyaman dengan tampilan blogku yang terlalu banyaknya hal yang ditampilkan di halaman depan. Terutama Blogroll yang kian hari kian bertambah dan tentunya kian memanjang listnya. Aku membayangkan jika website / weblog yang aku tautkan dalam blogroll itu berjumlah lebih dari 200 buah, maka bisa jadi akan panjang sekali halaman depan blogku.

Aku putuskan untuk membuat halaman/page tersendiri untuk membuat koleksi tautan yang aku miliki. Aku memberi judul “Links”. Berisi website/weblog yang pernah berkomentar diblogku dan aku pernah berkomentar disana.

Saat aku membuat page tersebut, aku baru menyadari bahwa ada fasilitas yang diberikan oleh wordpress untuk membuat page/halaman khusus untuk diisi tautan/links/blogroll. Merasa puas dengan fasilitas ini, ingin rasanya aku berbagi pengalaman ini. Mungkin ada yang sudah paham soal ini, aku mohon maaf jika aku mengulang sesuatu yang sudah pernah kalian bahas. Tapi bagi yang belum mengetahui fasilitas ini, semoga bisa menjadi tambahan pengetahuan bagi kalian.

For your information, dashboard dari blogku menggunakan bahasa indonesia.

Untuk membuat page links, caranya cukup simple. Secara garis besar sama seperti saat kita membuat page/halaman biasa. Hanya saja, ada pilihan template yang harus kita pilih.

Berikut caranya:

  • Silakan masuk ke Dashboard kemudian klik Page/Halaman dan Add New Page/Tambahkan Baru.
  • Pada bagian judul ketiklah judul Links atau sesuai keinginan Anda.
  • Pada isi postingan dikosongin aja.
  • Pada bagian Disscusion/Diskusi, hilangkan centang semuanya agar tidak bisa dikomentari. Jadi hanya khusus untuk Daftar Isi.
  • Pada Bagian Atribut, ada pilihan template. Nah, inilah yang menentukan suatu halaman itu bisa menjadi halaman khusus Links/Tautan/Blogroll.

Pada bagian Atribut, ada pilihan template dan disana tertulis:

“Beberapa tema memiliki templat tersuai yang dapat digunakan untuk halaman-halaman tertentu yang mungkin memiliki fitur tambahan atau tata letak khusus. Jika begitu, Anda akan melihatnya di atas.”

Adapun pilihan template yang disediakan ialah:

  • Template Standar: Tampilan page standar
  • Archives: Untuk arsip tulisan perbulan.
  • Links: Untuk menampilkan tautan/links/blogroll.
  • Page without sidebar: Halaman tanpa tampilan sidebar/widget

Jika kamu ingin membuat halaman/page yang memuat link/tautan/blogroll, maka kamu pilih template links.

Sudah sampai sini saja. Dan kamu hanya tinggal mengakhiri proses pembuatan page links ini dengan klik terbitkan/publish. Mudah kan?

Begitu juga jika kamu ingin membuat halaman yang khusus memuat arsip-arsip tulisan blogmu perbulan. Caranya sama hanya saja untuk templatenya, pilih yang Archives.

Baca juga: Membuat Daftar Isi Otomatis di WordPress.com

  1. Februari 8, 2010 pukul 8:29 am

    wah saya baru tahu bro.. tergantung templatenya ya??

    • Februari 8, 2010 pukul 8:32 am

      yups…jadi kita main di template. aku juga baru tau tadi sebelum nulis ini. hehehehe…jajalen wae…

  2. Februari 8, 2010 pukul 12:32 pm

    nais inpoh, gan

    • Februari 8, 2010 pukul 2:22 pm

      hahahaha…bahasa opo kuwi mas? apik…apik…

  3. Februari 8, 2010 pukul 10:17 pm

    berarti hanya template tertentu aja yang support ya mas?

    • Februari 8, 2010 pukul 10:18 pm

      Maksudnya gimana tuh mas anas?

  4. alin
    Februari 14, 2010 pukul 3:45 pm

    mas ressay, saya buat page baru tapi waktu d tes, malah ke 404.
    pas d setting add new page kok d bagian atribut saya gak ada yg nunjukin mau milih template itu ya??

    mohon bantuan. thanks a lot

    • Februari 14, 2010 pukul 4:17 pm

      mas hosting sendiri yah? WordPress saya masih bisa kok.

  5. Red
    Februari 20, 2010 pukul 3:44 pm

    di gue cuman ada template standard dan template links. yang archive dan page kok gak ada?

    • Februari 21, 2010 pukul 12:43 pm

      masa sih ndak ada? di dashboardku ada tuh..

  6. Februari 22, 2010 pukul 3:41 am

    ini tergantung dari template itu sendiri yah, soalnya aku pake template dari Digg 3 Column by WP Designer di bagian atribut tidak ada seperti yang mas tuliskan. di bagian atribut hanya ada “Parent” dan “Order”…

  7. Februari 22, 2010 pukul 7:56 am

    Oalah…gitu toh? berarti tergantung template yang kita pilih yah?

  8. Februari 23, 2010 pukul 10:02 am

    yang pake bloger gimana bang

    • Mei 12, 2010 pukul 3:36 pm

      Aku ndak tau kalau yang blogger.

  9. Mei 10, 2010 pukul 4:59 pm

    keren mes infonya, nih mau coba dulu, keep share

  10. Mei 21, 2010 pukul 3:51 am

    http://www.rahasiabikinwebgratis.co.cc
    Mengungkap rahasia cepat bikin website kurang dari 30 menit,gratis dan langsung dapat di akses oleh pengunjung di seluruh dunia

  11. Juni 16, 2010 pukul 5:52 pm

    mo nanya nih mas…???
    kalo saya mau buat halaman(page) yang isinya hanya postingan tertentu aja, gmn ya caranya ???
    misalnya, saya buat “page” berjudul Film yg isinya adalah semua postingan saya mengenai film,jd jika saya plih page Film maka yg muncul pd saat saya klik adalah postingan mengenai film dan buan yg lain….

    • Juni 16, 2010 pukul 5:57 pm

      Kalau page saya gak tau, tapi main kategori aj…

      Pada Rab, 16 Jun 2010 13:52 EDT

  12. Juni 21, 2010 pukul 6:10 pm

    nah ini yg tak cari2, tp sblm baca ne tulisan td dah tak coba kok gak ada yaa pilhan template link, chek lg dah…

    thx info nya

  13. yui
    Juli 1, 2010 pukul 1:21 pm

    info nya bagus mas
    kalau dikasih gambar akan lebih menarik lagi karena bisa jadi lebih jelas

    • Oktober 21, 2010 pukul 8:43 pm

      setuju sama mas ini, pakai gambar lebih bagus.🙂
      salam kenal ya

  14. Mei 25, 2011 pukul 10:09 pm

    wah makasih mas tips nya,.
    izin nyoba ya mas😀

  15. Februari 1, 2012 pukul 4:20 am

    THANKS ATAS ARTIKELNYA, IT HELP ME

  16. Februari 28, 2012 pukul 4:22 pm

    sangat bermanfaat sobat… mampir dong d blog saya soba
    http://www.kidulratan.com

  17. idhe novian
    Juli 3, 2012 pukul 11:59 am

    isi halaman link ini apa otomatis terisi link yang sudah ada?

    http://invianet.wordpress.com

  18. Agustus 11, 2012 pukul 7:39 am

    ccd

  19. Oktober 10, 2012 pukul 6:04 pm

    blogwalking gan.

  20. November 3, 2012 pukul 1:31 am

    terima kasih atas infonya

  21. Mei 4, 2013 pukul 5:21 am

    thanks infonya, sesama wordpress maju teruss

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

