Akhir-akhir ini aku merasa ndak nyaman dengan tampilan blogku yang terlalu banyaknya hal yang ditampilkan di halaman depan. Terutama Blogroll yang kian hari kian bertambah dan tentunya kian memanjang listnya. Aku membayangkan jika website / weblog yang aku tautkan dalam blogroll itu berjumlah lebih dari 200 buah, maka bisa jadi akan panjang sekali halaman depan blogku.

Aku putuskan untuk membuat halaman/page tersendiri untuk membuat koleksi tautan yang aku miliki. Aku memberi judul “Links”. Berisi website/weblog yang pernah berkomentar diblogku dan aku pernah berkomentar disana.

Saat aku membuat page tersebut, aku baru menyadari bahwa ada fasilitas yang diberikan oleh wordpress untuk membuat page/halaman khusus untuk diisi tautan/links/blogroll. Merasa puas dengan fasilitas ini, ingin rasanya aku berbagi pengalaman ini. Mungkin ada yang sudah paham soal ini, aku mohon maaf jika aku mengulang sesuatu yang sudah pernah kalian bahas. Tapi bagi yang belum mengetahui fasilitas ini, semoga bisa menjadi tambahan pengetahuan bagi kalian.

For your information, dashboard dari blogku menggunakan bahasa indonesia.

Untuk membuat page links, caranya cukup simple. Secara garis besar sama seperti saat kita membuat page/halaman biasa. Hanya saja, ada pilihan template yang harus kita pilih.

Berikut caranya:

  • Silakan masuk ke Dashboard kemudian klik Page/Halaman dan Add New Page/Tambahkan Baru.
  • Pada bagian judul ketiklah judul Links atau sesuai keinginan Anda.
  • Pada isi postingan dikosongin aja.
  • Pada bagian Disscusion/Diskusi, hilangkan centang semuanya agar tidak bisa dikomentari. Jadi hanya khusus untuk Daftar Isi.
  • Pada Bagian Atribut, ada pilihan template. Nah, inilah yang menentukan suatu halaman itu bisa menjadi halaman khusus Links/Tautan/Blogroll.

Pada bagian Atribut, ada pilihan template dan disana tertulis:

“Beberapa tema memiliki templat tersuai yang dapat digunakan untuk halaman-halaman tertentu yang mungkin memiliki fitur tambahan atau tata letak khusus. Jika begitu, Anda akan melihatnya di atas.”

Adapun pilihan template yang disediakan ialah:

  • Template Standar: Tampilan page standar
  • Archives: Untuk arsip tulisan perbulan.
  • Links: Untuk menampilkan tautan/links/blogroll.
  • Page without sidebar: Halaman tanpa tampilan sidebar/widget

Jika kamu ingin membuat halaman/page yang memuat link/tautan/blogroll, maka kamu pilih template links.

Sudah sampai sini saja. Dan kamu hanya tinggal mengakhiri proses pembuatan page links ini dengan klik terbitkan/publish. Mudah kan?

Begitu juga jika kamu ingin membuat halaman yang khusus memuat arsip-arsip tulisan blogmu perbulan. Caranya sama hanya saja untuk templatenya, pilih yang Archives.

Baca juga: Membuat Daftar Isi Otomatis di WordPress.com