Beranda > Tips dan Trik > Tips Memilih Smartphone Ala ASUS

Tips Memilih Smartphone Ala ASUS

Untitled

Prosesor, RAM, kapasitas penyimpanan, dan kamera merupakan beberapa faktor penentu utama untuk seseorang dalam membeli sebuah smartphone. Namun, jangan sampai lupa. Masih ada satu faktor kritikal lain yang perannya sangat penting, yakni komponen yang memberikan daya ke faktor-faktor penentu tersebut. Apalagi kalau bukan baterai.

Seperti diketahui, secanggih apapun komponen pendukung sebuah smartphone, ia bisa menjadi tak berdaya tanpa adanya baterai. Oleh karena itu, faktor masa aktif baterai menjadi salah satu hal yang sebaiknya dipertimbangkan di saat membeli smartphone. Berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat memilih baterai pada smartphone:

Pentingnya Kapasitas Baterai

Faktor penentu daya hidup baterai yang utama adalah kapasitasnya. Saat ini, pada umumnya kapasitas tersebut dicantumkan dengan menggunakan satuan mili ampere hour atau yang biasa disingkat “mAh”. Tapi yang perlu menjadi catatan, kita tetap harus cermat dalam menentukan daya hidup baterai.

Selain besaran kapasitas dalam satuan mAh, kita juga perlu memperhatikan soal seberapa “rakus” komponen-komponen yang ada pada smartphone incaran kita akan mengonsumsi daya. Beberapa komponen-komponen yang biasanya perlu diperhatikan antara lain adalah:

  • Apakah prosesor memakan daya baterai terlalu banyak? Prosesor merupakan komponen yang bekerja paling keras serta penyebab cadangan daya cepat habis.
  • Antena perangkat pintar yang ada apakah dapat menangkap sinyal dari penyedia jaringan dengan stabil? Hal ini penting, karena makin buruk sinyal yang diterima perangkat pintar, makin boros konsumsi baterainya.
  • Apakah banyak aplikasi yang berjalan di belakang? Beberapa produsen smartphone memasukkan aplikasi-aplikasi pihak ketiga yang biasa disebut “bloatware”, yang belum tentu berguna dalam pemakaian umum. Biasanya aplikasi seperti ini dapat berjalan di belakang, meskipun kita tidak membukanya. Pastikan membeli perangkat pintar yang memiliki opsi untuk menghapus aplikasi bawaan yang tidak penting.

Jenis baterai apa yang dipakai?

Jenis baterai pun perlu diperhatikan. Saat ini baterai yang paling banyak dipakai adalah jenis Lithium Ion (Li-Ion). Tapi, sudah ada beberapa produsen yang menggunakan baterai yang lebih modern, yaitu Lithium Ion Polymer (Li-Po). Keunggulan Lithium Ion Polymer (Li-Po) adalah:

  • Memiliki daya tahan lebih baik (Charge life cycle lebih banyak daripada Li-Ion)
  • Bentuk yang lebih fleksibel (Membuat badan perangkat pintar menjadi lebih tipis)
  • Memungkinkan pengisian daya kapan pun, tanpa perlu menunggu baterai kosong atau hampir habis terlebih dahulu.

Penghemat baterai

Terakhir, jangan lupa ketersediaan fitur baterai seperti penghemat daya baterai dan pengaturan pemilihan modus baterai otomatis (Berpindah otomatis, misalkan dari modus performa ke modus hemat daya), sehingga kita bisa mengatur konsumsi baterai dengan lebih efisien.

  1. Agustus 31, 2016 pukul 3:00 pm

    Installation de chaudière gaz .Merci pour cet article

  2. September 17, 2016 pukul 3:05 pm

    Rideau Métallique Paris .Merci pour cet article

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: