Beranda > Tulisanku > Asus Zenfone 2 ZE550ML: Performa Setara Notebook, Kamera Setara DSLR

Asus Zenfone 2 ZE550ML: Performa Setara Notebook, Kamera Setara DSLR

Tampilan-Depan-Asus-Zenfone-2-ZE550ML

Keberadaan perangkat smartphone saat ini mampu menjadi pendukung hidup kita agar mendapatkan hidup yang lebih mudah dan lebih baik. Jika kita mampu memilih pperangkat smartphone yang tepat memenuhi kebutuhan kita, maka keberadaan smartphone di tengah-tengah kita akan terasa lebih bermanfaat. Contohnya yakni perangkat smartphone mampu membantu Anda untuk mengirimkan email, berselancar di dunia maya, perangkat fotografi, dan masih banyak lagi.

Sayangnya, terkadang orang bingung ketika memilih perangkat smartphone yang akan dibelinya. Tidak jarang juga orang kecewa telah memilih sebuah perangkat smartphone karena ternyata spesifikasi dan fitur yang dimilikinya kurang memenuhi kebutuhannya.

Bagi saya, ada dua hal penting yang harus kita lakukan sebelum memutuskan untuk membeli sebuah perangkat ponsel pintar. Pertama, lakukan riset mendalam ke dalam diri kita masing-masing. Gunanya untuk menggali kebutuhan apa saja yang kita harapkan dapat terpenuhi dari adanya perangkat smartphone. Selain itu, perlu juga kita melihat budget yang dimiliki. Kedua, setelah kita melakukan riset kebutuhan, yang perlu kita lakukan adalah melakukan riset di pasar. Cari smartphone yang sesuai dengan kebutuhan kita dan ingat untuk tetap memperhatikan budget yang kita miliki.

Lalu bagaimana dengan kebutuhan saya akan sebuah perangkat smartphone?

Saya pribadi membutuhkan perangkat smartphone dengan desain body yang cukup elegan dan memiliki layar cukup luas, dapur pacu yang mampu melibas aktivitas-aktivitas berat, kamera mumpuni yang kaya fitur, serta baterai yang berkapasitas cukup besar.

Dengan layar yang luas, saya merasakan kepuasan saat melihat tampilan pada layar, terlebih saat bermain game HD. Sebuah smartphone mampu menjalankan game-game berat kualitas HD berkat ditopang dapur pacu yang memiliki performa gahar. Selain bermain game HD, saya juga memiliki hobi fotografi, termasuk foto selfie bareng istri. Oleh sebab itu saya membutuhkan smartphone dengan lensa kamera utama dan sekunder berukuran besar. Terakhir dari semua spesifikasi yang dibekalkan pada sebuah perangkat smartphone, saya mendambakan smartphone dengan baterai berkapasitas besar sehingga tidak perlu khawatir baterainya akan cepat kehabisan daya. Maklum, males bawa power bank terlalu banyak.

Pertanyaan selanjutnya, smartphone apa yang menurut saya mampu memenuhi kebutuhan pribadi saya tersebut?

Dari sekian banyak produk smartphone, pilihan akhirnya saya jatuhkan pada smartphone keluaran terbaru dari Asus yakni Asus Zenfone 2 ZE550ML.

Seperti apakah spesifikasi Asus Zenfone 2 ZE550ML?

Dari sisi desain body, Asus ZenFone 2 menggunakan ergonomic arc design, di mana sisi belakangnya dibuat melengkung agar sesuai dengan kontur telapak tangan manusia. Bodynya memiliki ketebalan 1,09cm di bagian tengah dan hanya 0,39 cm di sisi-sisinya. Saya cukup merasakan perbedaan sensasi antara menggenggam Asus Zenfone 2 dibanding smartphone lain. Dengan desain body yang dimilikinya, Asus Zenfone 2 terasa lebih nyaman digenggam.

Asus-Zenfone-2-ZE550ML-layar

Sektor layar cukup penting bagi saya. Ukuran standar dari sebuah smartphone, bagi saya, memiliki ukuran 5.0 inchi sampai 5.5 inchi. Ukuran ini juga yang disematkan Asus pada Zenfone 2. Layar Asus Zenfone 2 mampu menyajikan tampilan layar dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel serta sudah menggunakan berteknologi IPS LCD capacitive touchscreen yang mampu menyediakan sudut pandang sangat luas, hingga 178 derajat. Satu hal yang menarik dari layar Asus Zenfone 2 yakni adanya fitur Glove Mode. Jika fitur tersebut diaktifkan, layar akan menjadi sensitif sekalipun jari pengguna terbungkus sarung tangan.

Segahar apakah kinerja dapur pacu Asus ZenFone 2 ZE550ML?

Sejak dulu saya tertarik dengan processor buatan Intel. Asus Zenfone 2 ZE550ML ini juga telah diperkuat dengan prosesor bertenaga quad core Intel 64-bit (Moorefield) Z3560 berkecepatan 1.8GHz. Dari perbandingan yang sudah dilakukan, Intel menyebutkan bahwa prosesor terbarunya ini menawarkan kecepatan 2 kali lebih cepat dibandingkan dengan prosesor octa core Mediatek, atau hampir dua kali lebih cepat dibanding salah satu prosesor kelas atas Qualcomm yakni Snapdragon 800.

Dapur pacu smartphone ini juga didukung dengan RAM sebsar 2GB, dari processor grafik PowerVR 6430 berkecepatan 533MHz yang mendukung OpenGL 3.2 yang digunakan pada aplikasi grafis dan game terkini.

Bagaimana foto hasil jepretan kamera Asus Zenfone 2 ZE550ML?

Saya beruntung dan bersyukur bisa memiliki smartphone ini. Dengan bekalan kameranya membuat saya percaya diri untuk mengabadikan moment-moment penting meskipun hanya menggunakan sebuah perangkat smartphone. Bahkan saya pernah mengikuti sebuah perlombaan foto, dimana saya hanya menggunakan perangkat smartphone ini dan tanpa disangka saya justru menjadi juara I. Berikut ini fotonya:

Lomba Foto

Kamera Asus Zenfone 2 ZE550ML memiliki teknologi kamera yang lebih baru, yakni PixelMaster Camera 2.0. PixelMaster sendiri merupakan sistem imaging yang dikembangkan dengan mengombinasikan algoritma khusus, hardware, dan optik untuk menghasilkan foto berkualitas.

Untuk mendukung pengambilan foto, Asus Zenfone 2 dilengkapi dual tone flash demi menghasilkan warna lebih alami pada gambar. Kamera depannya beresolusi 5 megapiksel dengan wide-angle Lens yang mencakup hingga 85 derajat untuk mengoptimalkan selfie. Kamera depan kini juga dilengkapi fitur Low Light Mode, Zero Shutter Lag, dan Beautification.

Ada beragam modus yang disematkan pada kamera smartphone ini yakni Auto, Manual, HDR, Beautification, Super Resolution, Low Light, Night, Depth of Field, Effect, Selfie, GIF animation, Panorama, Miniature, Time Rewind, Smart Remove, PanoSphere, dan All Smiles.

Dibawah ini contoh foto yang saya ambil dengan menggunakan sejumlah modus yang tersedia pada smartphone ini:

P_20150615_113010_MT_1_wm

Foto ini bukanlah mainan, melainkan Transera Waterpark Bekasi yang saya abadikan dengan kamera Zenfone 2 menggunakan modus Miniature.

Jpeg

Motret model di Jalan Asia Afrika Bandung menggunakan modus Auto

Jpeg

Motret menggunakan modus Manual. Modification Contest di Cihampelas Walk Bandung

PANO_20150510_162208_1

Keren kan fotonya? Ini menggunakan modus PanoSphere lho….

Baterai

Bagi saya, baterai perlu mendapatkan perhatian khusus juga. Saat ini baterai yang paling banyak dipakai adalah jenis Lithium Ion (Li-Ion). Tapi, sudah ada beberapa produsen yang menggunakan baterai yang lebih modern, yaitu Lithium Ion Polymer (Li-Po). Keunggulan Lithium Ion Polymer (Li-Po) yakni memiliki daya tahan lebih baik (Charge life cycle lebih banyak daripada Li-Ion), bentuk yang lebih fleksibel (Membuat badan perangkat pintar menjadi lebih tipis), memungkinkan pengisian daya kapan pun, tanpa perlu menunggu baterai kosong atau hampir habis terlebih dahulu.

Tak hanya itu, kita juga perlu memperhatikan fitur penghemat daya baterai dan pengaturan pemilihan modus baterai otomatis (Berpindah otomatis, misalkan dari modus performa ke modus hemat daya), sehingga kita bisa mengatur konsumsi baterai dengan lebih efisien.

Itu semua ada di Asus ZenFone 2 dimana smartphone ini telah menggunakan baterai Lithium-Polymer non removable berkapasitas 3000 mAh. Tak hanya menawarkan kapasitas yang cukup besar untuk memasok daya bagi smartphone, Asus Zenfone 2 juga dilengkapi fitur ASUS BoostMaster Technology sehingga kita bisa mengisi ulang baterai dari kosong sampai 60 persen hanya dalam 39 menit.

Semua kecanggihan yang dimiliki oleh Asus Zenfone 2 ZE550ML ini dapat dimiliki dengan harga hanya Rp 2.699.000,-. Terjangkau bukan? Jadi jika ada yang lebih murah, mengapa harus memlih yang lebih mahal?

  1. Februari 21, 2016 pukul 12:23 pm

    gadget yang sangat wajib dmiliki nihh
    joss

  2. Februari 21, 2016 pukul 6:00 pm

    gagetnya oke bingit nihh
    sayang,, lagi bokek

  3. Februari 21, 2016 pukul 6:09 pm

    itu cewenya kok mau banget di foto sma nte gan :v

    • April 30, 2016 pukul 4:00 pm

      Itu pas ada lomba fotografi di acara Honda hehheee

  4. Mei 13, 2016 pukul 8:55 am

    kalau yang second harga masih tinggi atau tidak ?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: