OLYMPUS DIGITAL CAMERASetelah cukup lama dinantikan, akhirnya Advan meluncurkan juga produk smartphone andalan terbarunya Advan G1. Bertempat di RCTI Studio Advan memperkenalkan G1 sebagai salah satu smartphone lokal yang diklaim pembuatannya terinspirasi dari keinginan masyarakat Indonesia.

Saya menjadi salah satu orang yang berkesempatan untuk mencoba smartphone ini sebelum Advan merilisnya ke pasar. Dalam tulisan kali ini, saya mencoba berbagai pengalaman menjajal smartphone karya anak bangsa sendiri.

DESAIN

Smartphone ini hadir dalam dua varian warna yakni gold dan silver. Kebetulan unit yang saya dapatkan berwarna gold. Saya cukup kagum dengan desain box Advan G1 yang didesain mewah yang diri dari dua bagian terpisah. Bagian box pertama untuk perangkat smartphone dan charger, sedangkan box kedua untuk headset.

Advan terlihat totalitas dalam mendesain G1. Dari desain smartphone ini terlihat Advan seperti naik tingkat. Mereka kini mampu membuat smartphone dengan desain yang tidak kalah dengan desain smartphone premium lainnya di pasaran. Advan G1 dibekali pinggiran micro-arc indah yang mengitari sepanjang sisi bodinya. Tepian layarnya pun dibuat membulat untuk memberikan kesan mewah dan premium saat dipandang. Bodi Advan G1 membalut bodi smartphone ini dengan material metal.

Bicara soal warna memang bergantung selera masing-masing. Tetapi menurut saya, warna gold akan memberikan kesan semakin mewah.

LAYAR

Advan mengklaim bahwa smartphone terbarunya ini didesain berdasarkan hasil survey pasar yang mereka lakukan. Sepertinya itu benar-benar tergambar pada ukuran layar Advan G1. Dengan menggunakan panel layar IPS LCD, layar Advan G1 memiliki ukuran 5,0 inci dengan resolusi HD. Advan menyematkan fitur eyePRO yang mampu memfilter radiasi sinar biru dari layar yang bisa merusak mata tanpa mengurangi kecerahan warna.

Advan tidak menyematkan tombol navigasi di bawah layar. Advan memilih menempatkan tombol navigasi virtual di dalam layar. Sebagai saran, tampilan pada layar smartphone ini akan semakin terlihat mewah jika Anda menggunakan background berwarna hitam pekat.

DAPUR PACU

Jeroan Advan G1 berisi prosesor MediaTek MT6735 Quad Core 1.4 Ghz Cortex-A53 dengan GPU Mali-T720 MP2. Untuk mendukung kinerja dapur pacunya, Advan menyematkan RAM sebesar 3 GB dan memori internal sebesar 16 GB.

Ada nilai positif dan negative dari sektor dapur pacunya. Positifnya, RAM yang dimiliki cukup besar. Dengan RAM sebesar 3 GB, saya merasa tidak ada hambatan ketika melakukan aktivitas multitasking. Bahkan untuk bermain sejumlah game berat pun tidak ada kendala, semuanya lancar. Sistem operasi yang dijalankan pada smartphone ini sudah Android 6.0 Marshmallow.

Kekurangan dari Advan G1 yakni memori internalnya berkapasitas kecil, hanya 16 GB. Andai saja Advan menyematkan memori internal sebesar 32 GB, tentu akan membuat smartphone ini semakin asyik. Kekurangan lainnya yakni baterainya yang cenderung gampang panas dan boros.

KAMERA

Advan G1 hadir dengan mengusung salah satu kelebihannya pada sektor kamera. Sebelum perilisannya, Advan terlebih dahulu menjanjikan bahwa Advan G1 akan menggunakan lensa premium dari Largan Precision. Dengan penggunaan lensa ini, Advan mengklaim hasil jepretan foto Advan G1 akan lebih tajam dan cerah.

unnamed

Dari segi spesifikasinya, kamera belakang Advan G1 beresolusi 13 MP lengkap dengan fitur autofocus dan dual LED Flash, sedangkan pada bagian depannya juga terdapat kamera untuk foto selfie atau video call dengan resolusi 8 MP. Kamera depan Advan G1 juga dilengkapi fitur softlight.

Hasilnya jepretan foto smartphone terbilang tidak mengecewakan untuk ukuran smartphone dengan harga yang terjangkau. Terlebih software photo editor  yang disematkan pun cukup membantu dalam editing foto untuk terlihat lebih menarik.

Berikut ini beberapa contoh hasil jepretan foto saya menggunakan Advan G1:

indoor
INDOOR: Kamera dan Photo Editor Advan G1
kampus
OUTDOOR: Kamera dan Photo Edito Advan G1
tukang-bubur
OUTDOOR: Kamera dan Photo Editor Advan G1
hasil-foto-outdoor
OUTDOOR: Kamera dan Photo Editor Advan G1
hasil-foto-malam-hari-led-flash-editing
MALAM HARI: Kamera + Flash dan Photo Editor Advan G1

Malam Hari Tanpa LED Flash

hasil-foto-jilatan-api
MALAM HARI: Kamera dan Photo Editor Advan G1
selfie
FOTO SELFIE: Kamera Depan dan Photo Editor Advan G1

Advan juga menyematkan fitur Quick way to shoot yang memungkinkan Anda untuk mengaktifkan kamera dengan cara cepat. Cukup dengan menyentuh sensor sidik jari dan shake ponselnya. Sensor sidik jari yang ada juga berfungsi untuk mengambil foto sehingga memudahkan Anda ketika sedang foto selfie.

AUDIO

Satu hal yang sangat saya sukai dari Advan G1 adalah fitur audionya. Pada panel belakang, Advan menyematkan speaker premium di dalam ruang akustik titanium yang diklaim dapat memberikan resonansi audio lebih sempurna, menghasilkan suara bass yang solid, dan spectrum audio yang lebar. Realitanya ternyata sesuai dengan klaim tersebut. Telinga saya cukup nyaman dan dimanjakan dengan audio G1. Hanya saja, kelemahannya terletak pada penempatannya yang di panel belakang. Ketika smartphone ditaruh di meja, suaranya akan kecil karena speakernya tertutup.

unnamed-1

Bagi Anda yang senang mendengarkan music dengan menggunakan earphone, Advan pun melengkapi paket penjualan Advan G1 dengan Earphone premium yang didesain khusus untuk memberikan output suara berkarakter bass yang solid.

unnamed-2

HARGA

Untuk sistem keamanan, Advan G1 disokong dengan fingerprint. Pengguna bisa menyimpan data dengan sangat aman. Proteksi sidik jari ini merupakan proteksi yang paling aman di dunia, karena hanya pemilik smartphone tersebut yang bisa mengaksesnya. Teknologi  yang tidak kalah menariknya adalah VR Ready. Berpadu dengan sensor Gyroscope, memberikan pengalaman bermain game VR 360 derajat interaktif yang aman dan nyaman bagi mata. Semua kelebihan tersebut bisa dimiliki hanya dengan merogoh kocek sebanyak Rp2,299 juta. Bagi saya harga tersebut terbilang sangat terjangkau untuk ukuran smartphone kaya fitur seperti Advan G1 ini.